Jakarta (ANTARA News) - Tim Range Rover telah menyelesaikan ekspedisi mobil hibrida pertama melintasi "Silk Trail" dengan jarak fantastis 16.898 km dari Inggris ke India.

Land Rover menginginkan cara yang ekstrim untuk menguji prototipe baru ramah lingkungan, yang menuntut pengemudi menyelesaikan perjalanan epik dari Solihull di Midlands ke Mumbai, DailyMail melaporkan.

Mobil-mobil tersebut melintasi 13 negara, menghadapi berkilo-kilo trek lumpur dan kerikil pada rute yang menghubungkan Asia dan Eropa untuk jalur perdagangan lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Jejeran ternak, sungai, dan tepi gunung adalah tantangan-tantangan yang dihadapi pengemudi selama perjalanan yang memakan waktu 53 hari.

Konvoi tiga Range Rovers dan empat mobil pendukung, melewati Eropa sebelum memasuki perjalanan di Rusia, Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, China, Nepal dan berakhir di India.

Selama tujuh hari berturut-turut, tim melaju di ketinggian antara 3.352 hingga 5.379 meter - lokasi di mana udara berkurang secara signifikan - yang menyulitkan manusia dan pembakaran mesin mobil.

Tapi Range Rover prototipe ini, yang memiliki mesin diesel 3-liter serta motor listrik, berjuang melewati kondisi sulit dan rata-rata sekitar 37mpg.

Sebanyak 15 kali bocor ban terjadi selama perjalanan dan empat kali kerusakan roda akibat lubang yang dalam, dan empat kaca retak akibat batu yang terpental dari permukaan jalan yang tidak padat.

Tenaga penggerak hibrida dilengkapi tiga pilihan mode mengemudi dan menggabungkan Land Rover 3-liter SDV6 mesin diesel dengan 35kW motor listrik terintegrasi dengan transmisi otomatis 8-percepatan ZF.

Emisi mobil ini dipangkas sebesar 26 persen dan hibrida mampu menampung sekitar 44mpg, dengan sistem hibrida dengan berat kurang dari 120kg.

Peter Richings, JLR Hibrida dan Direktur Ketenagalistrikan, mengatakan, "Ekspedisi diesel hibrida pertama di dunia di sepanjang Silk Trail melewati rute yang ambisius dari Eropa ke Asia, Range Rover Hybrid mampu melewati semuanya dengan tenang."
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013