Chicago (ANTARA News) - General Motors dan Hyundai menarik sejumlah besar kendaraan produksi mereka di Amerika Serikat pada Jumat, untuk memperbaiki cacat pada bagian tertentu.

GM melakukan penarikan untuk memperbaiki cacat pada Chevrolet Cruze yang dapat menyebabkan beberapa kendaraan kehilangan fungsi remnya.

Jika fungsi rem gagal, pengemudi harus mengerahkan tekanan ekstra pada pedal rem untuk menghentikan kendaraan.

Menurut laporan AFP, produsen mobil terbesar AS itu mengatakan, pihaknya menyadari telah terjadi 27 tabrakan pada kecepatan rendah terkait cacat tersebut, namun tidak ada yang mengakibatkan cedera serius.

Penarikan kembali mempengaruhi 293.000 kendaraan di Amerika Serikat, 44.000 di Kanada dan 641 di Israel untuk model mulai 2011 hingga 2012.

Sementara Hyundai menarik 239.000 kendaraan di Amerika Serikat untuk memeriksa bagian bawah bodi kendaraan yang disebut crossmember.

Produsen mobil Korea Selatan itu mengatakan bahwa garam jalan telah ditemukan yang dapat menimbulkan korosi pada crossmember belakang, yang bisa menyebabkan salah satu unit kontrol belakang terjatuh.

Jika unit kontrol terlepas keselarasan roda belakang bisa tiba-tiba berubah "mempengaruhi penanganan kendaraan" dan "meningkatkan risiko kecelakaan," kata Hyundai.

Penarikan kembali mempengaruhi kendaraan Sonata dan Azera tertentu dari model tahun 2006 sampai 2010.

Penerjemah: Apep Suhendar 
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013