Jakarta (ANTARA) - General Motors (GM) masih berupaya mengatasi masalah rantai pasokan utama dan tantangan manufaktur untuk terus meningkatkan produksi kendaraan listriknya.

Mengutip Carscoops, Kamis (20/7), pejabat GM mengharapkan paruh kedua tahun 2023 yang jauh lebih produktif, meski pada awal tahun melambat dan jeda produksi untuk van BrightDrop EV. Produksi kendaraan listrik terbesar GM seperti Hummer EV, Cadillac Lyriq, dan BrightDrop Van semuanya diminati, sementara pasokan justru jauh kurang terlayani saat ini.

Cadillac membangun kurang dari 3.000 SUV Lyriq sepanjang tahun ini, GMC membangun 49 Hummer EV, dan fasilitas produksi yang membuat van BrightDrop ditutup karena kekurangan baterai.

“Akan mempercepat kapasitas baterai dan membangun momentum dan saya mengantisipasi lebih banyak kendaraan listrik yang dibuat pada paruh kedua tahun ini daripada paruh pertama tahun ini,” kata Presiden GM Amerika Utara Rory Harvey.

Baca juga: GM beli pengembang software pendeteksi kebakaran baterai mobil listrik

Harvey menilai ketersediaan modul baterai sebagai masalah besar dalam hal angka produksi. Sumber anonim yang berbicara kepada Detroit Free Press mengatakan bahwa keadaan di lapangan sedikit lebih suram.

"Kami memiliki masalah pasokan, apa pun dalam rantai pasokan, bisa menjadi unit penggerak, apa saja. Anda mendapatkan satu suku cadang dan tiba-tiba dibutuhkan suku cadang lain," kata orang tersebut.

Sementara itu, CEO GM Mary Barra mengakui bahwa manufaktur kendaraan listrik merupakan tantangan baru bagi pembuat mobil.

"Kami berusaha dan kami mengalami kesulitan karena tidak hanya sekali Anda membuat sel baterai, lalu Anda harus memasukkannya ke dalam modul dan kemudian Anda harus membuat paket untuk mobil," kata Barra di Aspen Ideas Festival.

Harvey juga mengungkapkan bahwa GM sedang bekerja keras untuk memberi tahu pelanggan tentang waktu tunggu saat produksi meningkat. Dia mencatat bahwa produksi untuk Lyriq sebenarnya dimulai sekitar sembilan bulan lebih awal dari perkiraan awal sehingga segalanya mungkin berjalan lebih baik daripada yang terlihat di atas kertas.

Baca juga: General Motors akan pangkas ratusan pekerjaan kontrak

Baca juga: Tesla laporkan kenaikan pendapatan dan laba bersih kuartal kedua

Baca juga: Volkswagen tawarkan uji coba armada VW ID. Buzz otonom di Jerman

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023