Jakarta (ANTARA) - Sepanjang tahun ini, sederet jenama baik lokal maupun global turut meramaikan industri sepeda motor listrik sekaligus mendukung ekosistem kendaraan bermotor listrik yang ramah lingkungan di tanah air.

Dari SMEV yang meluncurkan dua model sepeda motor listrik yakni EM-1 dan EM-T, Kymco yang memperkenalkan skutik listrik iONEX, hingga motor listrik EM1 e:PLUS dari pabrikan Honda, berikut ANTARA merangkum sejumlah motor listrik yang resmi menyapa publik otomotif Indonesia sepanjang tahun ini.

Baca juga: Electrum gunakan platform 3Dexperience dalam produksi motor listrik

Baca juga: Dhelvic Genesis ramaikan ajang IMOS+ dengan motor listrik sport


KILATS

PT KILATS Energy Indonesia menjadi salah satu pemain otomotif yang memperkenalkan produk motor listrik pada pembukaan tahun 2023, tepatnya pada bulan April. KILATS memperkenalkan sepeda motor listrik GOVA F600 yang didukung baterai 72V20ah dan dapat ditukar di stasiun penukaran bernama KILATS Swap 2.0.

Berbekal dua baterai, GOVA F600 dapat menempuh jarak antara 80 km hingga 120 km. Motor listrik ini didukung dengan motor 3000W yang menghasilkan torsi 24N dan kecepatan maksimum yang dikendalikan pada 70km/jam.

Profil bodi GOVA F600 tampil lebih panjang dengan ground clearance yang tinggi dan suspensi ganda. Perusahaan mengatakan motor listrik GOVA F600 rencananya akan dirakit secara lokal di fasilitas perakitan di daerah Jawa Barat. KILATS berusaha untuk menghadirkan komponen lokal utamanya pada 2024 sesuai dengan ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai di atas 40 persen secara bertahap.

Kalla KARS

Selanjutnya pada bulan yang sama yaitu April, Kalla Kars yang resmi menjadi diler United E-Motor memperkenalkan empat tipe motor listrik yaitu MX 1200, T1800, TX1800, dan TX3000. TX3000 dilengkapi spesifikasi 2 Slots Lithium Battery yang mampu menempuh jarak hingga 120 km dengan manuver lincah berkecepatan hingga 90 km/jam.
 
Peluncuran motor listrik MX 1200 oleh E-United dari Kalla Kars di Makassar, Selasa (15/08/2023). ANTARA/Nur Suhra Wardyah


Dari segi keamanan, TX3000 dilengkapi dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Sedangkan TX1800 dapat melaju hingga kecepatan 75 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 65 km.

Baru beberapa bulan kemudian tepatnya pada Agustus, Kalla Kars meluncurkan motor listrik tipe MX 1200. Motor tersebut memiliki tenaga 2.200 Watt yang telah dilengkapi baterai jenis Graphene berkapasitas 72V21,8Ah. Tipe MX 1200 juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti layar panel digital lengkap, lampu LED dan DRL, kunci keyless/remote, mode kecepatan, reverse mode, alarm, port pengisian, dan aplikasi U-Key yang memiliki banyak fitur sangat fungsional.

Kymco iONEX

Memanfaatkan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 bulan Mei, pabrikan skutik asal Taiwan Kymco resmi memperkenalkan skutik listrik iONEX melalui empat varian yakni Agilty EV, i One Series, dan Mo One yang merupakan motor purwarupa.
 
KYMCO mengumumkan 3 terobosan teknologi untuk mempercepat adopsi massal sepeda motor listrik yaitu baterai Ionex, unit pengukur baterai Ionex, dan stasiun energi Ionex pada ajang pameran kendaraan roda dua EICMA 2023. (ANTARA/HO/KYMCO)


Model Kymco Agility EV hadir daya maksimum sekitar 2,0 kW atau setara 2,6 tenaga kuda yang dibekali baterai Li-NMC berkapasitas 50,82V/34,3 Ah. Skutik listrik itu mampu berakselerasi hingga 50 kilometer per jam dengan jarak tempuh kurang lebih 90 kilometer.

Untuk model prototipe dari Kymco i-One Series yang terdiri atas i-One Xs dan i-One Plus, skutik itu dibekali dengan daya 2000 watt serta model baterai Li-NMC 50,82V/34,3 Ah 1.743 watt yang menunjang skuter listrik memiliki kecepatan hingga 49 kilometer/jam dengan daya tempuh 90 kilometer.

Kymco Mo One dibekali dengan 400 watt dari baterai Li-NMC 50,82V/34,3Ah 1.743 watt. Skutik itu memiliki kecepatan antara 25 – 50 kilometer/jam, dengan kemampuan jarak tempuh 90 kilometer.

Baca juga: VMoto hadirkan CPx Explorer pada ajang EICMA 2023

Baca juga: HTM EV luncurkan tiga sepeda listrik terbaru dukung transportasi hijau


SMEV EM-1 dan EM-T

Pada pertengahan tahun tepatnya bulan Juli, Studio Motor Electric Vehicle (SMEV) resmi menghadirkan dua model sepeda motor listriknya yakni EM-1 dan EM-T. SMEV EM-1 dibekali dengan baterai li-ion cell dari LG berdaya 72V40Ah, controller programmable dan dinamo listrik berkekuatan 3.000 watt. Berkat daya tersebut, motor listrik yang dikhususkan untuk jalur perkotaan itu sanggup menjelajah hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimum 105kilometer/jam.
 
Tampilan dari motor listrik SMEV EM-1 yang diluncurkan dI Studio Motor, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (23/7/2023) (ANTARA/HO-SMEV)



SMEV EM-1 disesuaikan dengan desain yang ramping dan juga menggunakan material bodi serat karbon kevlar yang membuatnya menjadi ringan dan lincah untuk bermanuver di jalan. Sedangkan untuk EM-T yang dikhususkan untuk kontur yang jalan yang tidak rata, motor listrik itu hadir dengan menggunakan dinamo listrik berkekuatan 4.000 watt, baterai li-ion dengan cell dari LG berdaya 72V40Ah dan juga controller programmable.

Honda EM1 e:

Sementara itu pada bulan kemerdekaan, jenama Honda juga tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan motor listrik Honda EM1 e: pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Honda EM1 e: dibekali dengan motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. motor listrik ini mendapatkan dukungan dari baterai MPP e: detachable yang dapat dilepas-pasang. Menggunakan pengisian daya dari Honda Power Pack Charger e:, motor listrik itu diklaim dapat mengisi daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25 persen-75 persen dan 6 jam untuk 0 persen-100 persen.

Sebagai sarana pendukung mobilisasi area perkotaan, Honda EM1 e: mampu mencapai kecepatan maksimal 45 kilometer/jam dengan jarak maksimal 41,1 kilometer. Untuk mobilitas pada malam hari, Honda melengkapi dengan lampu LED di semua titik pencahayaan.

PT Astra Honda Motor (AHM) baru secara resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e: sebesar Rp33.000.000 pada bulan Desember, sekaligus memperkenalkan pilihan terbaru Honda EM1 e: PLUS yang dipasarkan pada harga Rp33.500.000.

Honda EM1 e: PLUS dilengkapi dengan rear carrier untuk memudahkan konsumen membawa barang tambahan tanpa mengurangi kenyamanan saat berboncengan.

Selis Agats Patroli
 
Sepeda motor listrik Selis Agats Patroli (ANTARA/HO)


Masih pada bulan Agustus, PT Juara Bike sebagai produsen kendaraan listrik dengan jenama Selis bersama PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) memproduksi sepeda motor listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan patroli Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Sepeda motor listrik Selis Agats Patroli mempunyai kecepatan 65 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Kendaraan ramah lingkungan tersebut dibekali baterai Lithium 72 Volts 23 Ah. Melalui dinamo 2.000 Watt, Selis Agats Patroli diklaim bertenaga dan cocok dikendarai di berbagai medan.

Sepeda motor listrik itu mendapatkan beberapa aksesori tambahan, seperti dua buah box pada bagian belakang yang masing-masing memiliki kapasitas 22 liter. Selain itu, terdapat pula lampu strobo patroli yang terpasang di bagian belakang sepeda motor dan speaker sirine yang dipasang di sisi depan. Selis Agats edisi Patroli ini juga sudah dilengkapi dengan STNK dan BPKB layaknya kendaraan pada umumnya sehingga bisa digunakan di jalan raya.

Baca juga: Yadea luncurkan Kemper dengan tenaga yang mengesankan

Project Dynamo

Dua bulan kemudian yaitu Oktober, ION Mobility bersama dengan TVS Motor Company memperkenalkan Project Dynamo dengan menelurkan skutik elektrik bergaya sporty dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023. Project Dynamo merupakan bentuk komitmen ION Mobility dan juga TVS dalam menghadirkan kendaraan elektrik masa depan bagi para konsumen di Indonesia.

Charged-Vmoto
 
Peluncuran sepeda motor listrik Charged hasil kolaborasi dengan Vmoto yang dihadiri oleh juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo di di Sirkuit International Eprix Jakarta pada Rabu (18/10). (ANTARA/ HO)


Produsen sepeda motor listrik Charged memperkenalkan lini terbarunya yang merupakan hasil kolaborasi eksklusif dengn jenama teknologi sepeda motor listrik Vmoto. Merek tersebut memperkenalkan Rimau Bumblebee, Rimau Ecru, dan Maleo Latte pada bulan Oktober.

Produk unggulan Charged memiliki jarak tempuh impresif hingga 200 kilometer dengan berkendara efisien, berkat konfigurasi baterai ganda dengan kecepatan maksimum 95 kilometer/jam. Sementara itu, sepeda motor listrik Maleo, yang berwarna pelangi, menawarkan jarak tempuh hingga 120 kilometer saat dikendarai efisien dengan satu baterai atau hingga 240 kilometer dengan baterai cadangan, dengan kecepatan maksimum 70 kilometer/jam.

Electrum H5
 
Peluncuran motor listrik Electrum H5 bersama mitra Gojek di Jakarta, Kamis (9/11/2023). ((ANTARA/Pamela Sakina))


Perusahaan Electrum meluncurkan motor listrik pertamanya H5 pada bulan November. Berbekal kompartemen dalam yang luas, Electrum H5 dapat menyimpan dua buah baterai dan helm sekaligus. Bahkan, ruang di bagian depan mampu memuat satu buah galon air ataupun tabung gas LPG.

Riset, pengembangan, hingga pengujian H5 dilakukan di tanah air sehingga motor listrik itu dinilai cocok untuk mengarungi berbagai karakteristik medan di Indonesia. Soal performa, motor listrik H5 memiliki puncak kecepatan 90 kilometer/jam, dan mampu melakukan akselerasi mencapai 0-60 kilometer/jam dalam waktu enam detik.

Baca juga: HPP Energy Indonesia luncurkan layanan berbagi baterai Honda e:Swap

Baca juga: Mengintip kecanggihan motor listrik baru Honda karya anak bangsa

Baca juga: Memacu adopsi kendaraan listrik demi Bumi yang lebih hijau
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023