Jakarta (ANTARA) - Suzuki Marine bekerja sama dengan PT Karunia Jaya Marine menghadirkan diler baru yang menjadi fasilitas penjualan dan pelayanan produk outboard motor (OBM) atau mesin tempel kapal Suzuki pertama untuk mendukung kebutuhan nelayan dan potensi tinggi kelautan dan perikanan di Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara.

"Seiring dengan berkembangnya sektor perikanan di Gorontalo, kami melihat adanya peningkatan kebutuhan akan ketersediaan unit, sparepart, dan layanan servis untuk para pelanggan setia dan calon pelanggan OBM Suzuki," kata Department Head of Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Aceng Ulumudin lewat keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Kehadiran diler Suzuki Marine di Gorontalo tersebut bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan mesin penggerak untuk transportasi air mereka. 

"Pendirian diler Suzuki Marine diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor perikanan dan profesi nelayan di Kabupaten Gorontalo dan sekitarnya," Aceng menerangkan.
 
Data BPS mencatat terdapat setidaknya 9.000 lebih kapal nelayan yang rutin beroperasi di Provinsi Gorontalo. (ANTARA/HO/SIS)


Menurut data resmi Pemerintah Kabupaten Gorontalo, luas perairan Kabupaten Gorontalo mencapai 587,6 kilometer persegi dengan garis pantai yang membentang di tiga kecamatan, yaitu wilayah Kecamatan Batuda Pantai, Kecamatan Biluhu, dan Kecamatan Bilato. Ketiga kecamatan tersebut memiliki kawasan pantai yang terkenal memiliki potensi yang besar di bidang perikanan.

Selain itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat setidaknya 9.000 lebih kapal nelayan yang rutin beroperasi di Provinsi Gorontalo. Suzuki yakin bahwa potensi perikanan Gorontalo dan persentase nelayan di Gorontalo yang menggunakan mesin tempel kapal dari Suzuki dari berbagai ukuran terbilang masih sangat besar.

Pendirian diler di Gorontalo dianggap strategis karena dapat dengan lebih mudah menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah Gorontalo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, Boalemo, dan Pohuwatu.

Sebagai diler Suzuki Marine pertama yang berdiri di wilayah itu, Suzuki menghadirkan layanan 3S yaitu Sales, Service, dan Sparepart yang siap melayani konsumen setiap harinya. Suzuki Marine menyediakan ruang pameran dan fasilitas penjualan unit yang siap melayani calon pelanggan. Ada pula fasilitas mobile service car yang merupakan layanan perawatan berkala atau servis kendaraan yang akan langsung datang ke lokasi untuk memudahkan konsumen.

Berlokasi di Jl. Reformasi, Hutuo, Kec. Limboto Kabupaten Gorontalo, Suzuki telah menyiapkan berbagai program menarik, salah satunya setiap calon pelanggan yang bekerja sebagai nelayan bisa mendapatkan harga spesial untuk pembelian unit tipe DF20AL 4 Tak. Caranya, calon konsumen hanya perlu datang langsung ke diler untuk melakukan pembelian unit tersebut.
 
Pendirian diler di Gorontalo dianggap strategis karena dapat dengan lebih mudah menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah Gorontalo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, Boalemo, dan Pohuwatu (ANTARA/HO/SIS)


Selaras dengan visi PT SIS, Direktur PT Karunia Jaya Marine Juan Aswan menyampaikan bahwa pembukaan diler itu menjadi komitmen bersama dengan Suzuki untuk membangun dan mengembangkan potensi perikanan Gorontalo secara optimal.

"Kita bisa melihat bahwa Gorontalo memiliki potensi perikanan yang masih sangat menjanjikan dan potensial untuk digarap. Melalui diler ini, kami berharap konsumen bisa merasakan langsung manfaat dari pelayanan 3S yang kami hadirkan untuk seluruh pelanggan setia mesin tempel kapal Suzuki maupun calon pelanggan kami di wilayah Kabupaten Gorontalo dan sekitarnya,” kata Juan menutup penjelasan.

Baca juga: Bawa lini hybrid, Suzuki sapa warga Jawa Barat di GIIAS Bandung 2023

Baca juga: Suzuki catat 25 persen peningkatan penjualan New Carry Oktober 2023


Baca juga: BRI Bagikan 10 Mesin Mesin Kapal Baru di Labuan Bajo
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023