Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) membagikan tiga cara mudah mengoperasikan elemen kontrol kendaraan agar pengguna dapat memaksimalkan fitur bawaan pada head unit dan sistem audio untuk menghadirkan pengalaman carpool karaoke yang berkesan.

Seperti halnya fitur di dalam Suzuki Baleno yang dapat dioptimalkan oleh pengguna, euforia konser beragam musisi papan atas dunia di Tanah Air belakangan ini bisa dinikmati lewat pemanfaatan head unit yang memungkinkan pengguna Baleno menikmati lagu kesukaan dan merasakan kontrol penuh atas pemutaran musik, penunjuk jalan, dan fungsi lainnya dalam satu layar.

"Kami selalu memikirkan kenyamanan pengguna salah satunya lewat inovasi head unit dan fitur audio agar pengalaman berkendara nyaman dan tidak membosankan selama perjalanan. Momen-momen spesial seperti hadirnya grup musik internasional untuk melakukan konser biasanya membuat para penggemar mempersiapkan keikutsertaan secara maksimal, seperti menghafalkan dan berlatih bernyanyi bersama di dalam mobil," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Harold Donnel melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurut Harold, pihaknya selalu mengutamakan kenyamanan pengguna lewat interior dan sistem audio yang memuaskan. Kelebihan fitur pada head unit di Baleno misalnya, bisa mewujudkan persiapan para penggemar dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Baca juga: Suzuki hadirkan ragam lini produk unggulan di ajang IMOS 2023

Baca juga: Toyota dan Suzuki kerja sama lahirkan "Baby SUV" di 2025


Langkah pertama untuk mempermudah akses hiburan dalam mobil adalah menggunakan fitur konektivitas ponsel pintar pada head unit. Mayoritas mobil Suzuki kini sudah dibekali dengan head unit modern yang mampu terkoneksi dengan dengan ponsel pintar. Sebagai contoh Suzuki Baleno dan Grand Vitara yang dibekali head unit berukuran 9 inch dengan desain floating yang memberi kesan mewah bagi pengguna dan juga sudah memiliki fitur sambungan langsung dengan ponsel pintar seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Hal ini sangat memudahkan pengguna dalam perjalanan karena akses untuk hiburan, mengatur navigasi arah, dan sebagainya bisa terintegrasi dalam satu layar utama head unit mobil dengan tampilan orisinal sehingga memudahkan interaksi dengan aplikasi yang dibutuhkan dengan lebih aman dan nyaman.

Fitur konektivitas ponsel pintar dapat diakses dengan mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem ponsel pintar masing-masing. Pengguna Apple CarPlay sebagai contoh, hanya perlu menyalakan sambungan bluetooth dan secara instan akan muncul pop up yang menawarkan sambungan Apple CarPlay atau bluetooth ke head unit mobil. Konektivitas dapat dilakukan secara nirkabel ataupun menggunakan kabel USB dan head unit akan langsung tersambung. Cara yang sama juga berlaku untuk pengguna android melalui Android Auto.
 
Suzuki Baleno. (ANTARA/HO/SIS)


Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di ponsel pintar juga dapat dilakukan melalui head unit seperti menerima panggilan, membaca, mengirim, dan membalas pesan, mengakses layar navigasi, dan memutar musik lewat platform favorit dengan tampilan orisinal seperti pada ponsel pintar. Pengguna bahkan juga bisa menampilkan lirik lagu pada head unit bila dibutuhkan untuk menyanyi bersama dalam mobil.

Cara kedua menghadirkan carpool karaoke adalah dengan mengontrol volume dan pilihan musik lewat tombol kendali di setir mobil. Menikmati musik di dalam mobil kini jauh lebih menyenangkan berkat tuas kontrol pada roda kemudi. Biasanya tuas kontrol untuk hiburan dapat ditemukan pada sisi kiri setir.

Pengguna kendaraan bisa menaikkan atau menurunkan volume suara, memindahkan pilihan musik maju atau mundur, dan berpindah frekuensi siaran dalam jangkauan sembari tetap fokus pada kondisi mengemudi. Pengguna bahkan bisa memanfaatkan fitur voice command atau perintah suara untuk mengakses daftar putar atau mencari musik favorit namun tetap nyaman dan aman saat menyetir.

Tuas kontrol lainnya seperti mengangkat atau menutup panggilan telepon, mengganti mode sumber audio, hingga membisukan suara audio juga bisa dilakukan lewat tombol-tombol yang bisa dijangkau dengan mudah. Selain pada setir, tuas kontrol ini juga bisa ditemukan pada bagian bawah layar head unit Baleno dan Grand Vitara.

Sedangkan cara ketiga adalah memanfaatkan pengaturan equalizer untuk memaksimalkan pengalaman carpool karaoke. Suzuki Baleno dan Grand Vitara telah dilengkapi dengan sistem audio yang terpasang di dashboard dan pintu mobil untuk memastikan kualitas suara yang seimbang di seluruh bagian mobil.

Bagi para pencinta musik, tentu akan selalu mencari pengalaman mendengarkan lagu yang menyenangkan lewat pengaturan ulang frekuensi suara pada equalizer mobil. Setiap sistem audio kendaraan memiliki setelan dasar yang berbeda-beda sehingga pengguna dianjurkan untuk menyesuaikan ulang frekuensi audio seturut preferensi masing-masing.

Pada fitur equalizer biasanya sudah disajikan preset untuk jenis musik yang berbeda, atau dapat juga menyetel ulang kekuatan bass, treble, fade, dan balance sesuai dengan tipe musik yang akan didengar.

Baca juga: Suzuki catat 25 persen peningkatan penjualan New Carry Oktober 2023

Baca juga: Penjualan Suzuki di GIIAS Semarang lampaui 46 persen dari target

Baca juga: Laba penjualan Suzuki India melesat 80 persen berkat SUV dan City Car
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023