Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya, Kia Corp., mengumumkan bahwa penjualan kendaraan di Eropa naik 3,5 persen selama sembilan bulan pertama 2023, seiring peningkatan penjualan SUV dan mobil listrik di wilayah tersebut.

Jumlah total unit kendaraan yang dijual oleh kedua perusahaan di Eropa mencapai 850.965 unit selama periode Januari-September, naik 3,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menurut data terbaru dari European Automobile Manufacturers' Association.

Penjualan model-model Hyundai naik 1,8 persen, sementara penjualan Kia naik 5,1 persen, seperti dikutip dari Yonhap, Sabtu.

Namun, pangsa pasar gabungan Hyundai dan Kia di Eropa mengalami penurunan sebanyak 1,1 persen dari tahun lalu, menurut laporan perusahaan.

Perusahaan-perusahaan tersebut mencatat bahwa peningkatan penjualan SUV berkontribusi besar pada pertumbuhan penjualan selama periode tersebut.

Hyundai berhasil menjual 100.379 unit model Tucson, sementara Kia menjual 119.141 unit Sportage selama periode yang sama.

Mereka juga melaporkan peningkatan penjualan mobil listrik sebanyak 3,9 persen, dengan Kia Niro EV dan model EV6 terjual masing-masing sebanyak 30.168 dan 29.026 unit. 
 
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023