Jakarta (ANTARA) - Mantan Gubernur Jawa Tengah sekaligus Bacapres Ganjar Pranowo menghadiri kegiatan OLX Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX IMX) 2023 di Hall A-B, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Sabtu (30/9).

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan harus ada aturan yang jelas untuk para kreator dalam membentuk atau mendesain kendaraan modifikasi yang terbilang tidak mudah dan penuh tantangan.

"Saya harap ke depannya ada aturan untuk mengembangkan potensi industri modifikasi Indonesia. Tujuannya agar anak muda kita yang bergerak di subsektor kreatif ini bisa memperoleh dukungan penuh dan bangga dengan produk asal negara-nya sendiri," kata Ganjar dalam keterangan resmi, Minggu.

Selain itu, kegiatan ini juga diyakininya akan memberikan dampak yang positif bagi industri otomotif tanah air, khususnya di industri modifikasi dan juga aftermarket.

Baca juga: BlackAuto Battle 2023 kembali berlangsung di Surabaya

“Produk otomotif yang lahir dari bisnis skala UKM hingga menengah saat ini punya potensi besar menjawab kebutuhan pasar ekspor. Kalau ke luar negeri ini bisa booming dan ditunggu dunia. Sebagai bagian dari industri kreatif, seharusnya karya modifikasi anak muda Indonesia dibarengi dengan aturan yang sesuai sehingga karya para pegiatnya diakui secara resmi," lanjut Ganjar.

Dalam kesempatan yang sama, IMX Project Director Andre Mulyadi menyatakan bahwa kerjasama dari semua elemen industri modifikasi dan aftermarket Indonesia saat ini semakin solid dan sudah mulai membuka kolaborasi bersama sub sektor industri kreatif lainnya.

Dia melanjutkan bahwa sejak dibukanya IMX pda 2008 lalu, pihaknya senantiasa merangkul semua elemen industri kreatif untuk berani menuangkan ide kreatif di ajang pameran.

“Meski banyak perbedaan yang muncul, justru menjadi sebuah penguat kebersamaan dalam upaya bersama memajukan industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. Terlebih lagi, asosiasi modifikasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) terus mengupayakan aturan jelas tentang kendaraan modifikasi di Indonesia,” kata Andre.

Pihaknya juga telah menginisiasi terbitnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Industri Kendaraan Modifikasi yang memuat Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Industri Modifikasi bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI).

“Oleh karena itu, NMAA bersama Kemenperin RI menghadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) jasa industri modifikasi kendaraan bermotor yang agar memiliki standardisasi kerja dan memiliki daya saing di kancah internasional,” ucap Andre.

Baca juga: CustoMAXI & Yard Built ajang modifikator lahirkan karya berkualitas

Keiichi Tsuchiya kunjungi pameran modifikasi IMX OLX 2023 (ANTARA/IMX OLX)

Kegiatan IMX OLX 2023, banyak menghadirkan berbagai kejutan yang menarik seperti lahirnya dua merek body kit yang diproduksi di Indonesia yakni Coga Body Kit guna menjawab tantangan modifikasi kendaraan listrik di Indonesia.

Selain itu, terdapat pula peluncuran eksklusif produk body kit lokal Demonsta Aero khusus Subaru BRZ generasi kedua. Produk body kit pertama Demonsta Aero berkolaborasi disematkan di mobil donor Subaru BRZ milik Drifter profesional Indonesia, Akbar Rais.

Serta kolaborasi bersama para pegiat industri modifikasi dan aftermarket, seperti merek stiker otomotif Maxdecal, bengkel modifikasi ZC Distromotive, HSR Wheel, dan Accelera.

“Dengan semakin banyak produk aftermarket yang diproduksi dari dalam negeri mampu menjawab permintaan ekspor. Terutama produk body kit Indonesia yang saat ini sukses menembus 80 persen pasar ekspor ke berbagai negara. Termasuk pasar Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya" ungkap Andre.

Pada tahun ini, IMX OLX 2023 juga kedatangan drifter legendarais asal Jepang, yakni Keiichi Tsuchiya yang akan melakukan aksi hebatnya di area parkir Hall B Gedung JCC dengan memeragakan sejumlah aksi drifting dan sekaligus mengajak salah seorang audiens hingga tamu VIP untuk ikut bergabung di dalam kabin kendaraannya.

Baca juga: Menteri ajak industri modifikasi dukung pengembangan kendaraan listrik

Baca juga: Impresi jajal Toyota GR86 modifikasi GR Garage di sirkuit balap

Baca juga: Mutt Motorcycles resmi hadir di Indonesia

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023