Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya lebih kecilnya, Kia Corp., mengumumkan bahwa penjualan kendaraan mereka di Eropa naik 5,2 persen pada bulan lalu dibanding tahun sebelumnya, didukung oleh penjualan yang kuat dari model SUV dan kendaraan listrik.

Hyundai dan Kia menjual total 96.672 kendaraan di Eropa pada bulan Juli, naik dari 91.922 unit setahun yang lalu, kata perusahaan-perusahaan tersebut mengutip data dari European Automobile Manufacturers' Association (ACEA), seperti disiarkan Yonhap, Rabu (30/8).

Hyundai dan Kia menyumbang 9,5 persen dari pasar kendaraan penumpang Eropa pada bulan Juli, mengikuti Volkswagen Group dengan pangsa 27,4 persen dan Stellantis dengan pangsa 15,7 persen, menurut data ACEA. Namun, pangsa pasar mereka pada bulan Juli turun dari 10,5 persen pada bulan yang sama tahun lalu.

Baca juga: Hyundai tandatangani perjanjian akuisisi pabrik milik GM di India

Model terlaris mereka termasuk SUV Sportage dari Kia, SUV Tucson dari Hyundai, kendaraan listrik Kia Niro dan SUV EV6 Niro, serta IONIQ 5 dan IONIQ 6 listrik dari Hyundai.

Pada bulan Juli, pendaftaran kendaraan listrik baterai (BEV) di Uni Eropa melonjak 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan total 115.971 unit. Pangsa BEV naik menjadi 13,6 persen dari 9,8 persen selama periode yang sama, data menunjukkan hal tersebut.

Penjualan BEV Hyundai dan Kia naik 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 13.131 unit pada bulan Juli.

Dari Januari hingga Juli, kedua perusahaan otomotif asal Korea Selatan itu menjual 672.015 mobil di Eropa, naik 3,6 persen dari 648.946 unit pada periode yang sama tahun lalu. Namun, pangsa mereka juga menurun menjadi 8,8 persen dari 10 persen. 

Baca juga: Alasan Hyundai segarkan Stargazer dengan label X di belakangnya

Baca juga: Kia luncurkan mobil mini Ray EV di Korea Selatan bulan depan

Baca juga: Volvo jual hampir 400 ribu mobil dalam tujuh bulan 2023
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023