Jakarta (ANTARA) - Selama 14 bulan terakhir atau sejak Mei 2022 hingga Juli 2023, sebanyak 12.993 unit pemilik mobil Suzuki berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) telah membuktikan kemudahan perawatan dan mendapatkan kepuasan melalui layanan yang diberikan oleh Bengkel Resmi Suzuki.

Teknologi SHVS yang saat ini sudah ada pada beberapa unit Suzuki merupakan teknologi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

"Memiliki mobil hybrid seperti yang dihadirkan oleh Suzuki sangat menyenangkan. Setidaknya itulah cerita pengalaman yang kami dapatkan dari pelanggan yang telah melakukan perawatan rutin di Bengkel Resmi Suzuki. Tidak hanya karena mudah dan praktis dalam penggunaan maupun perawatan, namun secara biaya juga tetap tergolong terjangkau dan tidak berbeda dari model sebelumnya," kata Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, melalui keterangan tertulis resmi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Suzuki siapkan kejutan sekaligus edukasi teknologi terbaru di GIIAS

Hariadi lalu mencontohkan bahwa total biaya perawatan rutin All New Ertiga Hybrid dan New XL7 Hybrid selama 5 tahun masih berkisar dari angka Rp6 jutaan.
Suzuki All New Ertiga Hybrid. (ANTARA/HO)


Konsep dasar teknologi SHVS terbentuk dari penggunaan mesin pembakaran internal dengan penyematan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Kehadiran ISG memiliki fungsi ganda yaitu sebagai motor dan generator, sehingga dapat memberikan acceleration assist saat diperlukan dan dapat mengembalikan energi listrik kembali secara otomatis saat deselerasi.

Sedangkan Lithium-Ion Battery berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang digunakan saat mesin membutuhkan dukungan tenaga maupun menjalankan berbagai perangkat kelistrikan saat mobil digunakan.

Setahun setelah peluncuran, Lithium-Ion Battery yang digunakan dalam teknologi hybrid Suzuki telah terbukti andal dan belum mengalami keluhan signifikan dari pelanggan. Hal ini menegaskan kualitas tinggi dari komponen kunci dalam sistem hybrid Suzuki.

Teknologi SHVS telah diterapkan pada berbagai model, termasuk All New Ertiga, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid. Dengan berbagai pilihan produk hybrid yang ditawarkan, konsumen memiliki kesempatan lebih besar untuk mengadopsi gaya hidup yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kinerja atau kenyamanan.
Suzuki Grand Vitara. (ANTARA/HO)


Ketiga model ini juga dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City hingga tanggal 20 Agustus. Selain menghadirkan produk yang ramah lingkungan, Suzuki juga terus memberikan edukasi mengenai perawatan produk untuk pelanggan.

"Ke depan, kami berusaha untuk terus menjaga dan mempertahankan pelayanan yang terbaik kepada seluruh loyal konsumen. Teknologi SHVS yang saat ini sudah ada di beberapa unit kami menjadi salah satu bukti bahwa kami selalu ingin menghadirkan produk terbaik untuk menjawab kebutuhan konsumen dan ikut serta mendukung pemerintah untuk mengurangi pencemaran lingkungan," tutup Hariadi.

Baca juga: Suzuki Baleno tampil dengan fitur baru di GIIAS 2023

Baca juga: Buka GIIAS 2023, Suzuki hadirkan langkah perusahaan ramah lingkungan

Baca juga: Suzuki Global catat peningkatan produksi hingga ekspor semester I 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023