Jakarta (ANTARA) - DFSK Indonesia yang memasarkan kendaraan niaga dengan kapasitas yang cukup besar yakni DFSK Super Cab, hadir dengan perawatan yang minim dan tidak memerlukan ongkos yang begitu mahal.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan aspek kemudahan perawatan sebagai salah satu aspek dalam pengembangan DFSK Super Cab sejak awal. Harapannya, para konsumen bisa merasakan manfaat DFSK Super Cab secara maksimal, perawatan yang mudah, dan usaha yang terus tumbuh.

"Bagi DFSK, kepuasan pelanggan adalah yang utama dan kami akan terus melakukan hal tersebut bagi seluruh konsumen di Tanah Air," kata Achmad Rofiqi dalam keterangan resminya, Jumat.

Achmad Rofiqi kemudian memberikan tips dan trik dalam hal merawat DFSK Super Cab agar tetap bisa bekerja dengan optimal dan terus bisa diandalkan oleh para pemiliknya,

Tidak membawa barang berlebihan
DSK Super Cab yang dilengkapi dengan bak berukuran besar tentu sangat berguna untuk mengangkut berbagai jenis barang. Meski memang bertugas untuk membawa berbagai jenis barang, namun perhatikan juga bobot dan dimensi barang yang dibawa.

Bobot yang berlebih akan berpengaruh terhadap umur berbagai komponen, serta dimensi yang terlampau besar akan mengganggu keamanan selama perjalanan. DFSK Super Cab memiliki ukuran bak belakang panjang 2.310 mm, lebar 1.670 mm, tinggi 340 mm, dengan kapasitas daya angkut maksimal hingga 1,3 Ton.

Baca juga: DFSK siap produksi Gelora E di pabrik Cikande Banten

Perhatikan kondisi ban
Ban merupakan satu-satunya komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal dan bekerja keras agar mobil bisa terus melaju.

Perhatikan tekanan udara pada ban, sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan, dan selalu pantau ketebalan kembangan ban. Apabila ban sudah mulai gundul, segera lakukan pergantian agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Merawat rem dan kopling
Sektor pengeraman dan kopling menjadi aspek penting untuk rutin dilakukan pemeriksaan. Kedua komponen ini berkaitan erat dengan keamanan, sehingga kondisinya harus dijaga dengan baik.

Cara mudah untuk mengecek kondisi kopling adalah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Perhatikan lampu dan wiper
Lampu bekerja saat di kondisi gelap, dan lampu sein bertugas memberikan informasi manuver kendaraan. Lampu-lampu harus selalu hidup, dan apabila bohlamnya putus maka segera diganti.

Begitu juga kondisi wiper harus berfungsi secara normal agar memberikan visibilitas berkendara yang baik. Pengecekan bisa dilihat dari sapuan air oleh karet wiper, apabila sudah tidak baik bisa segera diganti karet wipernya.

Kebersihan interior
Kebersihan kabin menjadi salah satu poin penting dalam menjaga kondisi kendaraan. Jangan sampai kabin dibiarkan kotor karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kabin yang bersih membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya.

Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan, dan gunakanlah pengharum
ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.

Lakukan perawatan berkala
Apabila dirasakan sulit untuk melakukan pengecekan sendiri, silakan datang ke bengkel resmi. Lakukan servis berkala, sesuai dengan jadwal yang sudah tercantum di buku
panduan manual.

Mekanik DFSK dengan senang hati akan melakukan pengecekan di seluruh bagian DFSK Super Cab dan memastikan kondisinya selalu optimal menjalani tugasnya sebagai kendaraan niaga.

Baca juga: Seres kenalkan diri ke masyarakat Jatim lewat IIMS Surabaya 2023

Baca juga: Mobil listrik mungil SERES E1 siap sapa pasar Indonesia

Baca juga: DFSK kejar TKDN 40 persen untuk Gelora E
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023