Jakarta (ANTARA) - Volkswagen menggandeng ID.Buzz untuk menguji coba perdana kendaraan otonom mereka di Amerika Serikat.

Laman Carscoops, Jumat, mengabarkan saat ini terdapat 10 kendaraan berwarna kombinasi hitam dan kuning yang melintas di Austin, Texas, selama uji coba kendaraan otonom oleh Volkswagen dan ID.Buzz.

“Kami sangat senang untuk membawa ID.Buzz ke jalan Amerika. Memperluas program kendaraan penggerak otonom global Grup Volkswagen ke Amerika Serikat menandai tonggak penting bagi kami,” kata Presiden dan CEO Volkswagen Group of America, Pablo Di Si.

Kendaraan tersebut dilengkapi dengan perangkat lunak mengemudi otonom yang dikembangkan oleh Volkswagen dengan bantuan Mobileye.

Baca juga: Volkswagen berdiskusi dengan Tesla untuk adopsi Teknologi NACS

Untuk membantu mereka menavigasi jalan-jalan Austin, ID.Buzz otonom Level 4 memiliki seperangkat kamera, sensor radar, dan sensor LiDAR, serta (untuk pengujian tahap pertama) operator manusia untuk menyelamatkan mereka jika terjadi masalah.

Volkswagen, yang sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom, berencana menggunakan ID.Buzz untuk mempelajari gaya mengemudi Amerika dan mengumpulkan data. Selama tiga tahun ke depan, mereka berencana untuk mengembangkan armada uji, dan memperluasnya ke setidaknya empat kota lain di AS.

Pada tahun 2026, VW berharap bisa beroperasi secara komersial di Austin. Pembuat mobil asal Jerman itu berencana untuk menawarkan kendaraannya kepada perusahaan di ruang mobilitas dan transportasi.

Namun, VW saat ini tidak berencana untuk memulai layanan ride hailing sendiri.

“Memperluas program kendaraan otonom kami ke wilayah Amerika Utara adalah langkah selanjutnya dalam peta jalan strategis global kami, dan hasil dari investasi kolaboratif jangka panjang," kata Kepala Program Otonom Global VW Christian Senger.

Volkswagen akan bersaing dengan perusahaan seperti GM dengan mobil Cruise, Google dengan Waymo, dan lainnya dalam mengembangkan kendaraan otonom untuk pasar AS. Cruise dan Waymo sudah lebih dulu mengadakan uji coba di AS dan beroperasi di sejumlah kota, antara lain San Francisco dan Los Angeles.

Baca juga: Grup Volkswagen luncurkan 1 juta mobil listrik berbasis platform MEB

Baca juga: Waymo ajukan izin jual kendaraan otonom di San Francisco

Baca juga: Cruise GM perluas layanan swakemudi ke Phoenix, Arizona hingga Texas

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023