Yogyakarta (ANTARA) - Seri hybrid terbaru keluaran Suzuki yaitu New XL7 Hybrid berhasil melewati serangkaian uji pembuktian penyempurnaan terbaru dalam mendominasi dan menghadapi sejumlah kondisi serta tantangan perjalanan sepanjang lebih dari 200 kilometer di dalam dan luar Kota Yogyakarta dengan baik dan tanpa kendala. 

Keefektifan dan manfaat efisiensi dari tersematnya teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global yaitu Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), tergambar oleh perwakilan 8 unit New XL7 Hybrid yang digunakan oleh awak media dalam rangkaian tersebut.

"Kegiatan uji coba bersama rekan media ini bertujuan untuk memberikan kesempatan berkendara jarak jauh, sekaligus menjadi gambaran mengasyikkan bagi keluarga Indonesia yang hendak melakukan petualangan menggunakan New XL7 Hybrid," terang 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, di Yogyakarta, Selasa.
 
Suzuki New XL7 Hybrid berhasil melewati serangkaian uji pembuktian penyempurnaan terbaru sepanjang lebih dari 200 kilometer di Kota Yogyakarta, Selasa (4/7). (ANTARA/HO/SIS)


Donny menjelaskan, bermodalkan ground clearance setinggi 200 mm dan tetap nyaman, New XL7 Hybrid memudahkan keluarga Indonesia untuk menjelajahi rute-rute perjalanan yang seru dan menarik.

Baca juga: Suzuki resmi luncurkan New XL7 Hybrid dengan harga terjangkau

Kenyamanan di ruang kabin, lanjut Donny, juga bisa dirasakan melalui format 7 kursi penumpang dengan ruang yang lapang dan entertainment system menggunakan head unit yang dapat terkoneksi dengan gawai pintar secara mirroring.

"Momentum perjalanan yang indah juga terekam dengan jelas lewat E-Mirror Touchscreen berkualitas tinggi. Sebagai pendobrak teknologi hybrid di kelasnya, New XL7 Hybrid memberikan pengalaman tak terlupakan ketika menjelajahi Yogyakarta maupun tempat lain di Indonesia,” paparnya.

Selain membuktikan keefektifan dan manfaat dari teknologi SHVS yang disematkan pada New XL7 Hybrid, sejumlah keunggulan lain turut dirasakan selama perjalanan dan kegiatan selama berada di Yogyakarta. Seperti kemudahan parkir kendaraan dengan memanfaatkan fitur Rear Parking Camera dan dikombinasikan dengan E-Mirror Touchscreen.
Suzuki New XL7 Hybrid berhasil melewati serangkaian uji pembuktian penyempurnaan terbaru sepanjang lebih dari 200 kilometer di Kota Yogyakarta, Selasa (4/7). (ANTARA/HO/SIS)


Parkir di tempat yang terbatas maupun kondisi ruang kabin padat dan menutupi pandangan ke arah jendela belakang, dapat terbantu dengan mudah berkat kamera yang terpasang untuk memperlihatkan situasi di belakang New XL7 Hybrid.

Pada sepanjang perjalanan berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya, New XL7 Hybrid juga menyuguhkan kemudahan berkendara lewat "Cruise Control" yang digunakan saat melewati jalan dengan jarak panjang dan relatif lengang.

Laju mobil dapat dikontrol secara stabil lewat tombol pengaturan Cruise Control di lingkar kemudi, sehingga kaki pengendara tidak perlu menahan pedal akselerator dan rasa lelah dapat diminimalisir ketika menempuh jarak yang jauh.

Tantangan selanjutnya yang dihadapi adalah rute perjalanan dengan elevasi dan kontur lintasan yang variatif, seperti yang dirasakan ketika perjalanan menuju Watu Tapak Hill di kawasan Tebing Breksi, Sleman. Dalam kondisi tersebut, perpaduan mesin K15B dan Automatic Transmission (A/T) memberikan performa dan kemantapan bagi pengendara, sehingga tidak ragu untuk menaklukkan tanjakan dengan mudah.
Suzuki New XL7 Hybrid berhasil melewati serangkaian uji pembuktian penyempurnaan terbaru sepanjang lebih dari 200 kilometer di Kota Yogyakarta, Selasa (4/7). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Beberapa kali kondisi perjalanan yang ditemui kurang baik dan memaksa New XL7 Hybrid untuk berhenti sejenak di jalan menanjak. Maka, untuk kembali melanjutkan perjalanan, fitur "Hill Hold Control" hadir memberikan rasa aman karena dapat menahan posisi mobil agar tidak mundur ke belakang ketika kaki pengendara berpindah dari pedal rem ke pedal akselerator.

New XL7 Hybrid juga memiliki "E-Mirror Touchscreen" yang dapat digunakan untuk merekam beragam momentum perjalanan. Terdapat dua kamera yang akan merekam pandangan ke depan dan ke belakang mobil ke dalam kartu penyimpanan data yang berkapasitas besar.

Video perjalanan yang telah terekam dapat dimanfaatkan untuk dokumentasi keluarga maupun diunggah di media sosial untuk berbagi kebahagiaan perjalanan.
Fitur E-Mirror Touchscreen pada Suzuki New XL7 Hybrid. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Ketika perjalanan memasuki waktu matahari terbenam dan jalanan mulai gelap, para peserta telah menempatkan tuas lampu pencahayaan New XL7 Hybrid pada posisi Auto, untuk mengaktifkan fitur "Autolight" secara otomatis ketika sensor mendeteksi minim cahaya.

Setibanya di destinasi tujuan dan keluar dari mobil, peserta masih dapat melihat arah jalan dengan jelas karena terdapat fitur "Guide Me Light" yang terintegrasi dengan "Autolight" tersebut.

"Dengan banyaknya spot yang dituju dan beragam kondisi hingga kontur jalanan, Suzuki berharap momentum ini menjadi sensasi bagi rekan media saat berkendara menggunakan SUV dengan teknologi baru yang disematkan. Kami harap produk terbaru ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan memuaskan bagi rekan media yang bertualang keliling Yogyakarta secara efisien dan ramah lingkungan menggunakan New XL7 Hybrid,” tutup Donny.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid uji penyempurnaan, jelajahi keindahan Yogyakarta

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid incar segmentasi keluarga muda pencinta jalan-jalan

Baca juga: Alasan Suzuki belum sisipkan New XL7 Zeta dengan teknologi hybrid
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023