Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Indonesia Dedi Priadi mengatakan bahwa mereka mendorong penggunaan kendaraan elektrifikasi di lingkungan kampus.

"Jadi, memang nanti ke depan kita harapkan mobil yang berbahan bakar minyak barangkali harus dikurangi. Kita mau mulai dengan barangkali pimpinan UI pakai mobil listrik misalnya," ucap Dedi di Depok, Jawa Barat, Senin.

Selain itu, UI juga telah menerapkan penggunaan sepeda listrik sebagai langkah untuk mengurangi peredaran sepeda motor berbahan bakar konvensional di dalam kampus. Dedi menilai upaya tersebut perlu dilakukan dalam upaya menjadikan UI sebagai kampus hijau dan ramah lingkungan.

Baca juga: Honda bekerja sama dengan UI di bidang riset teknologi elektrifikasi

Menurut dia, penggunaan kendaraan listrik di lingkungan kampus memiliki sejumlah manfaat, diantaranya mengurangi emisi gas rumah kaca, membuat kualitas udara menjadi lebih baik, menghemat energi, serta menciptakan kampus yang ramah lingkungan.

UI saat ini memiliki dua unit bus listrik, namun, belum tersedia fasilitas pengisian daya untuk bus tersebut di dalam kampus.

"Jadi, tinggal nanti masalah charging (pengisian daya). Kita juga harapkan adanya penelitian dan inovasi terkait dengan kendaraan listrik ini," kata Dedi.

Dedi berharap adanya kampanye penyadaran dan program edukasi kepada seluruh anggota kampus mengenai manfaat kendaraan listrik, konversi energi, dan keberlanjutan lingkungan. Kerja sama dengan pemerintah dan industri juga diharapkan dapat dilakukan untuk mengembangkan kebijakan yang mendukung penggunaan kendaraan listrik di kampus UI.

"Dengan mengambil langkah-langkah ini, kami berharap dapat menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta memberikan kontribusi positif dalam mengatasi perubahan iklim dan menjaga kelestarian lingkungan," kata Dedi.

Universitas Indonesia hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi. Perwujudan kerja sama tersebut antara lain berupa donasi dari Honda berupa satu unit stasiun pengisian daya yang digunakan untuk mengisi daya baterai Honda e serta Honda Brio sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik Universitas Indonesia.

Baca juga: UI dan IRC gelar kampanye "Peduli Bumi, Kurangi Plastik"

Baca juga: Honda akan kenalkan 30 kendaraan listrik hingga 2030 secara global

Baca juga: Produsen otomotif lokal didorong untuk ramaikan pasar elektrifikasi
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023