Depok, Jawa Barat (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Dedi Priadi dan Presiden Direktur PT HPM Kotaro Shimizu.

"UI berkomitmen untuk mengurangi emisi di area kampus. Upaya mengurangi emisi ini salah satunya ditempuh dengan menerapkan solusi transportasi berkelanjutan, melalui promosi transportasi umum, penggunaan sepeda atau berjalan kaki, serta penciptaan kendaraan listrik," ujar Dedi di Depok, Jawa Barat, Senin.

Perwujudan dari kerja sama itu, Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric dan satu unit power product Honda LiB-AID E500 untuk mendukung mobilitas dan kegiatan pembelajaran di lingkungan UI.

Honda turut mendonasikan satu unit stasiun pengisian daya yang digunakan untuk mengisi daya baterai Honda e serta Honda Brio sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik Universitas Indonesia. Sebagai bagian dari transfer pengetahuan, Honda memberikan kelas dan lokakarya kepada mahasiswa UI selama tiga tahun di Honda Prospect Motor.

Baca juga: UI dan IRC gelar kampanye "Peduli Bumi, Kurangi Plastik"

Honda juga turut mendukung tim mahasiswa Universitas Indonesia dalam kegiatan rancang bangun kendaraan hemat energi di ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok pada tanggal 4-9 Juli 2023.

Honda memiliki komitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Honda akan menghadirkan produk ramah lingkungan melalui mobil hibrida yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Visi yang sama juga dimiliki oleh Universitas Indonesia, yang saat ini merupakan peringkat pertama di Indonesia dalam UI GreenMetric sebagai universitas yang mengedepankan penghijauan melalui berbagai program ramah lingkungan yang meliputi seluruh aktivitas. UI GreenMetric merupakan gerakan yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia untuk memeringkatkan penghijauan di lingkungan universitas.

UI GreenMetric telah dimulai sejak tahun 2010 dan telah diikuti lebih dari 1.000 universitas di berbagai negara di dunia. Penilaian dari gerakan itu dilandasi atas tiga pilar yaitu lingkungan hidup, ekonomi dan sosial yang terkait dengan energi keberlanjutan.

Shimizu mengatakan bahwa Honda dan UI memiliki visi yang sama dalam menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kerjasama ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi dalam mewujudkan elektrifikasi di Indonesia melalui edukasi dan riset.

"Kami memiliki tujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masyarakat dan generasi mendatang," kata Shimizu.

Sebelumnya, Honda telah menghadirkan pengalaman Honda e:Technology pada acara Honda e:Technology Media Experience yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023 di Karawang. Setelah memperkenalkan Honda e:Technology, Honda kemudian menampilkan Honda e:Technology di Honda Dreams Café, Jakarta pada tanggal 12 Mei – 31 Juli 2023.

Honda e:Technology merupakan inisiatif Honda untuk seluruh produk elektrifikasinya yaitu Honda Automobile, Honda Motorcycle dan Honda Life Creation untuk Power Product lainnya.

Baca juga: Alasan Honda e tak dipasarkan di Indonesia

Baca juga: Insentif kendaraan listrik percepat migrasi elektrifikasi

Baca juga: MTI usulkan elektrifikasi menyeluruh transportasi perkotaan Jakarta
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023