Jakarta (ANTARA News) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan bermotor Mitsubishi, sepanjang 2012 membukukan total penjualan sebesar 148.918 unit, tumbuh 10,8 persen dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini kami kembali mencatat rekor penjualan untuk kedua kalinya selama 42 tahun berada di Indonesia," kata Direktur Utama KTB Noboru Tsuji dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat malam.

Pencapaian itu, menurut Noboru, memposisikan distributor kendaraan otomotif itu di peringkat ketiga penjualan kendaraan nasional.

Dia juga mengatakan bahwa total penjualan 2012 melebihi target awal yang ditetapkan perusahaan, yakni sebesar 140.000 unit.

Meski 2013 diakuinya sebagai tahun yang penuh tantangan karena ketatnya persaingan dengan para kompetitor, Noboru mengungkapkan akan terus memacu target penjualan yang lebih tinggi tahun ini.

"Kami menargetkan total penjualan 2013 sebesar 155.000 unit," katanya.

Target yang lebih tinggi tersebut, menurut Noboru, optimistis dicapai oleh distributor Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) itu.

Terlebih kondisi ekonomi Indonesia seperti konsumsi masyarakat yang tinggi, infrastruktur, properti dan anggaran pemerintah dinilai sangat menunjang pertumbuhan penjualan kendaraan.

Perusahaan yang berdiri sejak 1970 itu juga bertekad untuk terus memperluas jaringan pemasaran. Saat ini, perusahaan otomotif itu memiliki sekitar 220 dealer resmi dan lebih dari 4.300 toko penjual suku cadang di seluruh Indonesia.

Selain itu, perusahaan juga akan terus melakukan ekspansi penambahan "Parts Depo", gudang kecil berukuran 40 kaki (12.000 meter) untuk penyimpanan suku cadang berukuran sedang dan besar. Penambahan depo itu diharapkan bisa memudahkan pengiriman suku cadang kepada konsumen di luar Jabodetabek. (A062/A023)
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013