Jakarta (ANTARA) - Ford telah menarik kembali total 979.797 unit kendaraan, termasuk truk pikap dan SUV, di Amerika Serikat karena masalah informasi yang hilang pada buku manual.

Buku manual pemilik untuk beberapa model Ford dan Lincoln dilaporkan tidak memuat informasi tentang beberapa sandaran kepala pada kendaraan, kata Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA), seperti disiarkan laman Hindustan Times, Sabtu (17/6).

Dokumen penarikan kembali yang dirilis oleh NHTSA mengungkapkan bahwa kampanye penarikan kembali terbaru dari Ford melibatkan sejumlah SUV Ford Expedition dan Lincoln Navigator 2018 dan 2023 yang dilengkapi dengan kursi baris ketiga.

Buku manual pemilik kendaraan ini tidak dilengkapi dengan instruksi untuk mengatur dan melepas sandaran kepala tambahan tersebut, yang dinilai dapat meningkatkan risiko cedera jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan.

Baca juga: Empat perusahaan tarik 54 ribu lebih kendaraan karena komponen rusak

Selain itu, penarikan kembali Ford juga mencakup truk Ford F-250, F-350, F-450, F-550, dan F-600 Super Duty tahun 2019-2023 dalam konfigurasi SuperCab atau kabin reguler yang dilengkapi dengan kursi depan tiga penumpang.

Ford dilaporkan akan memperbaiki masalah itu dengan mengirimkan kepada pelanggan tambahan buku manual pemilik dengan informasi yang diperlukan. Ford juga menyatakan bahwa tidak ada laporan kejadian atau cedera yang terjadi akibat masalah tersebut.

Pabrikan otomotif itu pertama kali mengetahui tentang informasi yang hilang dalam buku manual pemilik kendaraan yang terkena dampak pada tanggal 11 Mei.

Ini bukan kali pertama sebuah produsen mobil mengeluarkan penarikan kembali untuk masalah seperti ini, sebelumnya Subaru harus menarik kembali WRX 2022 pada bulan Januari tahun ini karena informasi yang salah dalam buku manual pemilik.

NHTSA mengklaim bahwa Ford telah mengeluarkan 29 kali penarikan kembali hingga saat ini pada tahun 2023, yang memengaruhi lebih dari 4 juta kendaraan.

Produsen mobil ini mengakhiri tahun 2022 dengan jumlah penarikan kembali kendaraan terbanyak di AS, yang melibatkan hampir 8,6 juta kendaraan. Pada awal bulan ini, perusahaan tersebut mengeluarkan dua penarikan kembali untuk 267.000 kendaraan Ford dan Lincoln. 

Baca juga: Penjualan Ford di AS naik 10,7 persen pada Mei 2023

Baca juga: Nissan "recall" X-Trail hingga Livina karena masalah kantong udara

Baca juga: Toyota recall Avanza, Veloz dan Raize karena masalah airbag
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023