Jakarta (ANTARA) - Kompetisi modifikasi BlackAuto Battle musim 2023, yang merupakan ruang bagi pecinta Automotive Culture, sekaligus perwakilan West Region kembali dilangsungkan di Summarecon Serpong dengan tema besar "Real Competition, True Champion".

"Sebagai one stop event bagi para Automotive Enthusiast, BlackAuto Battle juga menggelar kontes audio Black Out Loud dalam kategori yang sangat lengkap, mulai dari SQ, SQL dan SPL, di mana untuk kontes ini kami bekerja sama dengan 3 asosiasi dunia yaitu EMMA (Eropa), CAN (Asia) dan MECA (Amerika)," kata Perwakilan Pelaksana Event BlackAuto Battle 2023, Boy Prabowo dalam keterangan resminya, Kamis.

Hajatan terbesar untuk industri modifikasi ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang sudah ada di tahun sebelumnya, BlackAuto Battle kali ini terbagi dalam dua kelas besar yaitu Culture untuk mewakili genre modifikasi yang good looking serta fashionable serta Contest Car mewakili genre yang lebih progresif.

Pelaksana BlackAuto Battle terus berusaha mengakomodasi kebutuhan para builder dalam menghasilkan karya-karya modifikasi yang memang sedang hype di dunia anak muda saat ini. Apalagi masing-masing genre tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Baca juga: Berebut gelar master modifikasi di Final BlackAuto Battle 2022

Untuk lebih menajamkan kreativitas mereka, gelaran ini juga terus menggandeng asosiasi APACT yang sudah merancang dan mematenkan sistem penjurian yang mempertemukan Culture Car Champ dan Contest Car Champ di setiap region pada ajang Final Battle.

Tak hanya mempertandingkan karya modifikasi mobil di kelas Culture Car dan Contest Car, ajang BlackAuto Battle juga menghadirkan berbagai kontes lainnya seperti dyno test dan kontes audio yang memang tidak terpisahkan dari dunia modifikasi mobil.

Pada putaran pertama ini, dibuka tiga kelas berbeda (Diesel, NA dan FFA) yang sudah disesuaikan dengan iklim dan budaya otomotif Jabodetabek dan sekitarnya. Setiap mobil yang sudah mengalami modifikasi, kekuatan mesinnya akan diukur secara real time melalui alat yang biasa disebut dynamometer.

Baca juga: Kontes modifikasi BlackAuto Battle 2022 digelar di Pantai Pandawa Bali

Dalam ajang ini, pihak penyelenggara masih tetap menggunakan Mainline Dynolog, salah satu pabrikan dyno terbaik di dunia yang sering digunakan sebagai alat standar dari sekian banyak kegiatan balap dan performance dunia.

"BlackAuto Dynotest juga merupakan salah satu rangkaian kontes BlackAuto Battle yang menjadi magnet sekaligus ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Tahun ini BlackAuto Dynotest berhasil meraih rekor, yakni 1.269,1 HP yang dicetak oleh mobil Nissan GTR garapan XS Automotive," terang Boy Prabowo.

Pihak penyelenggara merencanakan kegiatan Final BlackAuto Battle musim 2023 bakal berlangsung di JEC Jogjakarta pada 21-22 Oktober 2023 mendatang.

Baca juga: Black Auto Virtual Battle 2022 temukan pemenang
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023