Jakarta (ANTARA) - BlackAuto Virtual Battle 2021 kembali diselenggarakan dan mempertandingkan karya-karya terbaik dari para modifikator di East Region secara virtual yang nantinya akan ada seri lanjutan seperti Central, East dan West Region.

"East Region kali ini cukup seru karena Malang, Bali dan Surabaya merupakan kota yang cukup ikonik dalam dunia car culture, modifikasi dan juga car audio. Aura kompetisi yang sangat ketat terasa di East Region kali ini," ungkap perwakilan pelaksana event, Boy Prabowo dalam keterangan resminya Selasa.

Hadirnya pameran modifikasi ini menjadi barometer dunia car tuning serta benchmark modifikasi di Tanah Air sekaligus sebuah ajang pameran yang dapat menghubungkan dunia car fashion dan car audio performance dalam sebuah kemasan yang sangat menarik.

Dalam hal ini, panitia telah membuka pendaftaran untuk East Region pada 1 Juli – 3 Oktober 2021 lalu. Setelah itu, nantinya para peserta yang mengikuti akan di nilai melalui tata cara yang terukur, fair dan ketat.

Baca juga: Honda gelar kontes modifikasi motor online

Dalam pelaksanaannya, BlackAuto Virtual Battle 2021 kali ini menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai tim juri di BlackAuto Modify yang mempertandingkan dua kelas, Contest Car dan Culture Car.

Penjurian ajang modifikasi ini berlangsung di tiga kota Malang, Bali dan juga Surabaya. Nantinya, masing-masing juara dari masing-masing kelas mendapat predikat Contest Car Champ dan Culture Car Champ serta berhak menerima hadiah berupa tropi bergengsi dan uang tunai total ratusan juta rupiah.

Selanjutnya nanti, para juara dari East Region juga berhak tampil di babak Final Battle yang akan berlangsung bulan Desember mendatang. Para pemenang dari seri pamungkas tersebut, berhak menyandang status sebagai Contest BlackAuto Master dan Culture BlackAuto Master yang merupakan gelar paling prestisius dan tertinggi.

"Kita sudah memiliki para finalis dari Central dan East. Kini tinggal menunggu penyisihan di West Region yang akan dilanjutkan dengan putaran Final Battle di ICE BSD bulan Desember 2021 nanti," kata Boy.

Gelaran modifikasi ini juga menghadirkan kelas Black Out Loud yang menjadi sala satu menu lomba di BlackAuto Virtual Battle 2021. Car audio contest ini juga tidak kalah bergengsi karena menerapkan standar internasional dan terbagi atas beberapa kelas, SPL, SQL dan SQ.

Baca juga: Intip modifikasi Kawasaki W175 bergaya kripto

Kompetisi ini juga melibatkan juri-juri nasional serta menggandeng EMMA (European Mobile Media Association) dan CAN (Car Audio Network).

Kendati demikian, penjurian untuk kelas ini dilalukan secara berbeda yakni dilakukan secara offline. Meski begitu, para seluruh crew yang terlibat tetap menjalankan protocol Kesehatan dengan ketat mengingat kondisi pandemi COVID-19 masih terus berlangsung hingga saat ini.

"Setiap crew yang terlibat pada gelaran ini sudah melewati 2 kali vaksin dan selalu melakukan tes antigen pada setiap awal dan akhir gelaran. Selain itu, kami juga sangat berkomitmen menjaga protokol kesehatan yang ketat untuk selalu ditegakkan," ucap dia.

Berikut daaftar pemenang BlackAuto Virtual Battle 2021 East Region:

CULTURE CAR CHAMP
The Champ : RUZDAL HAKIM/BMW E90,
1st runner up : WAYAN FEBRI SUHENDRA / BMW E90,
2nd Runner Up : ERIZ MOTOR / HONDA ODYSSEY

CONTEST CAR CHAMP
The Champ : KONG PROJECT/CIVIC FD,
1st Runner Up : BAYU SAPUTRA/TOYOTA YARIS,
2nd Runner Up : DIORA PROJECT/SWIFT

SQ UNLIMITED By EMMA-ICAN CHAMP
RENDY/Team AMC SURABAYA,
1st Runner Up AWT/Team Soundlab,
2nd Runner Up AFUK/TEAM CONCERTO

SQL FFA CLASS Champ
Champion : ICA BENGKULU/INNOVA,
1st Runner Up : MAXIMOS/XENIA,
2nd Runner Up : ICA BENGKULU/HONDA JAZZ

FUN SPL CHAMP
Champion : ICA BENGKULU/HONDA JAZZ,
1st Runner Up : ICA BENGKULU/INNOVA,
2nd Runner Up : IMP A3.

Baca juga: 'Builder' sepeda motor custom di Bali selesaikan modifikasi XSR 155

Baca juga: Jaguar Land Rover Indonesia rilis fitur modifikasi "Live Configurator"

Baca juga: Vaksin masih ampuh tangani varian corona dan kemungkinan modifikasi
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021