Jakarta (ANTARA) - Sejak meluncurkannya pertama kali pada Februari tahun ini, Wuling Motors (Wuling) terus berupaya memperkenalkan keunggulan kendaraan terbaru mereka yakni Wuling Alvez di pasar otomotif dalam negeri.

Salah satunya dengan mengajak awak media untuk mengikuti uji berkendara (test drive) mobil segmen SUV kompak tersebut di wilayah Malang, Jawa Timur hingga Solo, Jawa Tengah, pada Senin (22/5).

Wuling Alvez ditantang untuk menaklukkan jalan menanjak dan berkelok di dataran tinggi Batu, lalu berjibaku dengan truk dan bus di sepanjang jalur Kediri hingga Nganjuk, serta melibas mulusnya jalan tol Trans Jawa dari Madiun hingga Solo.

Melalui kegiatan tersebut, Wuling berharap media memperoleh pengalaman yang menyeluruh mengendarai mobil yang bersaing dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Toyota Yaris Cross tersebut.

Baca juga: Wuling Alvez kantongi 1.000 SPK sejak pertama kali diperkenalkan

ANTARA berkesempatan menjajal kenyamanan, ketangkasan, hingga akselerasi berkendara Wuling Alvez dalam delapan jam perjalanan yang seru dan menyenangkan. Adapun mobil yang dikendarai adalah Wuling Alvez EX atau tipe tertinggi.

Rasa nyaman langsung terasa saat berada di balik kemudi Wuling Alvez, dengan paduan kursi empuk dibalut material kulit sintetis dan setir yang bisa diatur naik dan turun. Visibilitas pun terasa baik dengan pilar A yang relatif tidak mengganggu.

Ruang interior Wuling Alvez banyak mendapat sentuhan material lembut di sejumlah bagian, seperti pada sisi doortrim dan dashboard. Ruang kabin yang didominasi warna hitam menambah kesan elegan.

Untuk urusan entertainment, Wuling Alvez dibekali head unit "floating" berukuran 10,25 inci dengan empat buah speaker.
Interior Wuling Alvez (ANTARA/HO-Wuling Motors)

Meski terbilang kompak, ruang kabin Wuling Alvez ternyata cukup lega. Penumpang baris kedua mendapat ruang kaki yang luas serta ruang kepala yang cukup tinggi. Ruang bagasi juga lapang dan mampu memuat banyak barang bawaan.

Pada tipe tertinggi ini, tersemat pula sejumlah fitur seperti sunroof, AC digital, start/stop engine button, remote control app, sistem Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), hingga fitur keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Saat tombol start engine ditekan lalu pedal gas diinjak dalam, kesan pertama yang terasa adalah akselerasi yang cukup baik dengan tenaga dan torsi tergolong instan.

Wuling Alvez tipe EX menggendong mesin berkapasitas 1.485 cc inline-4 cylinder DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 105 hp di 5.800 rpm dan torsi 143 Nm di 4.000 - 4.600 mm dan disalurkan melalui transmisi CVT.

Baca juga: Wuling tunjuk kaca film ICE-Myu untuk dipasangkan di Alvez

Performa mesin tersebut cukup andal untuk diajak melibas jalan menanjak dan berliku di kawasan dataran tinggi Batu. Meski membawa empat penumpang dewasa, mobil tersebut tetap tangguh dan lincah melewati medan yang cukup ekstrem.

Kelincahan Wuling Alvez terus berlanjut saat dibawa melintas di jalur arah Kediri hingga Nganjuk. Hadir sebagai SUV kompak dengan dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm, mobil ini tergolong mudah untuk dibawa bermanuver.

Mobil ini terasa cukup tangkas saat diajak menyalip kendaraan besar seperti truk dan bus yang mendominasi di jalur tersebut.

Untuk urusan handling, ANTARA merasakan Wuling Alvez mudah dikendalikan dan stabil saat melibas jalan menikung dalam kecepatan cukup tinggi.
Suasana test drive Wuling Alvez saat melintasi rute Malang, Jawa Timur menuju Solo, Jawa Tengah, Senin (22/5/2023) (ANTARA/HO-Wuling Motors)

Lingkar kemudi juga terasa presisi dan mudah diajak bergerak tangkas sehingga membuat unsur Fun to Drive pada mobil ini semakin terasa.

Adapun bantingan suspensi terasa empuk. Tidak terasa guncangan yang cukup berarti saat melintasi jalanan bergelombang dan tidak rata.

Sementara untuk kekedapan kabin juga termasuk optimal. Suara bising dari luar mobil minim masuk ke dalam kabin. ANTARA cukup impresif terhadap kenyamanan yang ditawarkan oleh Wuling Alvez.

Baca juga: Wuling Alvez terjual 1.700an unit, terlaris tipe EX

Kenyamanan Wuling Alvez semakin terasa saat melintas di jalan tol Trans Jawa dari Madiun menuju Solo. Adanya fitur ADAS seperti adaptive cruise control, safe distance warning, hingga lane departure warning bisa membuat pengalaman berkendara semakin aman dan menyenangkan.

Selain kenyamanan, hal lainnya yang cukup impresif dari Wuling Alvez adalah efisiensi bahan bakar. ANTARA berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar 18,2 km/liter, meski selama berkendara mobil tersebut dipacu dengan agresif dan dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Secara keseluruhan, Wuling Alvez menawarkan kenyamanan yang lumayan dan efisiensi bahan bakar yang sangat mumpuni untuk mobil segmen SUV kompak.

Ruang kabin mobil yang tergolong lega dan memadai, didukung desain yang elegan serta fitur yang cukup lengkap dirasa sangat cocok dijadikan pilihan.

Selain itu, performa dan akselerasi Wuling Alvez juga cukup mumpuni, baik saat dikendarai di perkotaan, jalan tol, maupun dataran tinggi. Penambahan sejumlah fitur baru yang fungsional turut membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

Bagi Anda yang tengah mencari mobil segmen SUV kompak yang nyaman, irit bahan bakar, harga relatif terjangkau, dan menawarkan rasa berkendara menyenangkan, rasanya Wuling Alvez bisa menjadi alternatif pilihan yang pantas dipertimbangkan.

Wuling Alvez hadir dalam tiga varian yaitu SE seharga Rp209 juta, varian CE dengan harga Rp255 juta dan varian EX yakni berbanderol Rp295 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Wuling Air ev eks KTT ASEAN ludes terjual

Baca juga: Wuling bawa Binggo dan Air EV modifikasi ke panggung PEVS 2023

Baca juga: Wuling gelar program "Prime Week" beri kemudahan beli kendaraan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023