Jakarta (ANTARA) - Ford Australia meluncurkan trim Wildtrak X untuk Ranger, guna menjembatani kesenjangan antara Wildtrak dan Raptor dalam hal kecakapan off-road dan kenyamanan on-road.

Carscoop pada Jumat (24/3) melaporkan trim baru yang juga tersedia di pickup generasi sebelumnya, turut mendapatkan suspensi yang ditingkatkan, trek yang lebih lebar, dan ground clearance yang ditingkatkan, di samping daftar panjang fitur standar yang sudah ada.

Dimulai dengan eksterior, Ranger WIltrak X mendapatkan grill yang sedikit berbeda dengan aksen warna-warni di atas intake bawah, pelat bash baja, dan satu set lampu depan LED Matrix di bagian depan.

Fitur berbeda lainnya termasuk pijakan samping berbahan aluminium, logo Ford hitam, emblem Wildtrak X, dan warna Cyber Orange versi spesifik dengan aksen Asphalt Black yang kontras.

Baca juga: Ford Ranger Splash 1990-an hadir lagi

Ford juga menambahkan sistem rak fleksibel dengan rak atap yang dapat dilipat dan rak geser di tempat tidur belakang.

Sebagian besar penggemar pikap akan melihat set baru velg 17 inci dengan ban segala medan General Grabber AT3 yang mencengkeram (265/70 R17).

Berbeda dengan trim Wildtrak X dari Ranger generasi sebelumnya yang sebagian besar terbatas pada perubahan tampilan, model baru ini hadir dengan beberapa peningkatan suspensi yang serius, berkat Bilstein Position-Sensitive Dampers baru dengan teknologi End Stop Control Valve (ESCV).

Ford mengatakan bahwa peredam baru memiliki "tuning bandwidth" lebih besar yang memungkinkan perancang sasis untuk meningkatkan kemampuan pikap baik di dalam maupun di luar jalur sambil mempertahankan kapasitas penarik 3.500 kg (7.716 pon) yang sama.

Kombinasi roda yang lebih besar dan suspensi yang ditingkatkan meningkatkan lebar lintasan sebesar 30 mm (1,2 inci) pada kedua gardan, dan memberi Wildtrak X ground clearance ekstra 26 mm (1 inci) dibandingkan dengan Wildtrak biasa.

Seperti yang dijelaskan oleh David Grice, kepala insinyur platform Ford Ranger, Wildtrak X dirancang dan direkayasa dengan "overlanding community front of mind”.

Wiltrak X tersedia secara eksklusif dengan diesel empat silinder bi-turbo 2.0-liter yang menghasilkan 201 hp (150 kW / 204 PS) dan torsi 500 Nm (369 lb-ft).

Ini berarti tidak mendapatkan turbodiesel 3.0-liter V6 yang lebih kuat yang opsional di Wildtrak dan standar di Platinum.

Daya ditransmisikan ke keempat roda melalui gearbox otomatis 10-speed dengan bantuan sistem 4WD full-time.

Kemampuan off-road semakin ditingkatkan dengan sistem Trail Turn Assist dan Trail Control, ditambah mode penggerak Rock Crawl yang dipinjam dari Raptor.

Trail Turn Assist mengerem roda belakang bagian dalam pada kecepatan rendah saat berkendara dari trek yang kasar, mengurangi radius belok sebesar 25 persen.

Di sisi lain, Trail Control seperti cruise control untuk kursus off-road, memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan stabil hingga 32 km/jam (20 mph) untuk berkonsentrasi pada kemudi.

Peralatan standar Wildtrak X termasuk kluster instrumen digital 12,4 inci, layar sentuh infotainment 12 inci, sistem audio premium B&O, dan overhead auxiliary switch bank yang mendukung kesesuaian aksesori aftermarket.

Ada juga pelapis kulit dan suede Miko untuk jok, bordir Wildtrak X, aksen suede Terra, dan jahitan kontras Cyber Orange di sekitar kabin.

Ford Ranger Wildtrak X akan tiba di diler Australia pada paruh kedua tahun 2023.

Harga eceran yang disarankan adalah AU$ 75.990 atau sekitar 50.815 dolar AS dan perkiraan harga drive-away di AU$ 84.789 atau sekitar 56.698 dolar AS.

Yang terakhir adalah AU$ 8.546 atau 5.715 dolar AS lebih mahal daripada Wildtrak biasa, tetapi AU$ 11.451 atau 7.657 dolar AS lebih murah daripada Raptor full-blown.

Baca juga: Ford tarik 98.500 unit pickup Ranger bermasalah inflator kantung udara

Baca juga: Kunci Pajero Sport jaga stabilitas harga jual di pasar SUV 2.500cc

Baca juga: Ford buka diler di Jakarta, langsung siapkan Ranger dan Everest

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023