Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif Toyota dikabarkan segera meluncurkan mobil Innova Crysta dengan varian diesel dan transmisi manual di India.

Mengutip laman Times of India, pada Minggu, Innova Crysta yang populer di Indonesia dengan nama Innova Reborn akan diluncurkan setelah mendapatkan beberapa ubahan (facelift).

Berbeda dengan Indonesia, pada saat Innova generasi terbaru diluncurkan, yakni Innova Zenix Hybrid pada 2022 lalu, maka Innova Reborn tidak diproduksi lagi.

Toyota Kirlsokar Motor di India juga sempat menghentikan Innova Crysta (Reborn) untuk waktu yang singkat akhir tahun lalu, tepat di sekitar peluncuran Innova Hycross (Innova Zenix) generasi baru.

Namun demikian, Toyota telah mengkonfirmasi bahwa Crysta akan terus dijual bersama Hycross.

Baca juga: Toyota Indonesia catat rekor ekspor terbaik di tahun 2022

Toyota Innova Crysta 2023 telah melakukan debut resmi di pasar, dengan peluncuran dijadwalkan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

MPV ini menampilkan beberapa perubahan penting atas model yang sebelumnya ditawarkan, antara lain produksi hanya dengan mesin diesel, sedangkan mesin bensin 2.7 liter sekarang dihentikan.

Innova Crysta yang diperbarui hanya akan tersedia dengan mesin diesel empat silinder 2.4-liter. Mesin ini sebelumnya diberi peringkat 150 PS/360 Nm, namun belum terlihat apakah akan ditawarkan dalam keadaan yang berbeda.

Sementara sistem transmisi hanya akan tersedia dengan transmisi manual 5-speed. Transmisi AT 6-speed tidak akan ditawarkan pada rencana penjualan mobil keluarga ini.

Apabila konsumen menginginkan Innova bertenaga bensin, Innova Hycross akan tersedia dengan motor bensin NA empat silinder 2.0 liter yang menghasilkan 174 PS dan 205 Nm, atau mesin hybrid bensin 2.0 liter yang mengeluarkan daya maksimal 186 PS dan torsi puncak 206 Nm. Mesin hybrid diklaim memberikan jarak tempuh 21,1 km/liter.

Baca juga: Toyota katakan dapat produksi 10,6 juta kendaraan tahun ini

Dari sisi desain keseluruhan MPV tetap tidak berubah. Bumper depan semuanya baru dengan kisi-kisi yang sedikit dibentuk ulang dengan yang sekarang.

Lampu kabut dan indikator sein juga didesain ulang, dengan strip chrome berbentuk L- baru di sekitar keduanya. Profil samping tetap tidak berubah, termasuk velg dual-tone.

Innova Crysta 2023 sekarang akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru seperti kursi pengemudi yang dapat disesuaikan.

Sistem hiburan layar sentuh 8-inch dengan Apple CarPlay dan Android Auto, kontrol iklim multi-zone, ventilasi AC belakang, pencahayaan sekitar, 7 airbag, sensor parkir depan dan belakang, kontrol stabilitas kendaraan, serta Hill Start Assist.

Toyota akan menawarkan Innova Crysta 2023 dalam empat varian, yaitu G, GX, VX dan ZX.

Baca juga: Mobil hybrid Toyota tawarkan pengalaman berkendara tiada duanya

Baca juga: Toyota India peringatkan kemungkinan kebocoran data pelanggan

Baca juga: Toyota mulai jual All New Prius HEV di Jepang

 

Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023