Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada awal tahun 2022 telah berhasil menembus pasar Australia yang dikenal ketat dengan berbagai regulasi dan juga penggunaan mesin yang sudah mendukung Euro5.

Meski begitu, pihaknya akan terus melanjutkan keberhasilan dari PT TMMIN dalam menembus pasar Australia melalui produk Toyota Fortuner yang diterima baik oleh konsumen mereka di Australia.

"Ini juga sebagai peningkatan baik bagi kita karena berhasil masuk pasar negara maju seperti Australia, negara ini kan juga mengandalkan standar komponen yang tinggi dan juga mesin yang sudah Euro 5 yang nggak semua pengujiannya ada di Indonesia," kata direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Toyota Innova Zenix Hybrid rilis global di Indonesia harga Rp458 juta

Bob Azam juga menginginkan agar pemerintah Indonesia, dapat memberikan dukungan dalam hal pengujian Euro 4 dimana negara-negara maju sudah masuk dalam kategori Euro 5.

"Jadi kita memang harus melampaui 1 periode dulu untuk ekspor Australia, karena dia standarnya tinggi, jadi kita harus mengamankan bahwa tidak ada permasalahan di eksportnya itu," ucap dia.

PT TMMIN pada 2022 mengukuhkan jumlah ekspor yang fantastis dan belum pernah terjadi sejak pertama kali kegiatan ekspor itu dilakukan pada tahun 1987 lalu. Pada tahun ini, PT TMMIN berhasil membukukan jumlah ekspor sebanyak 297 ribu unit di sepanjang Januari hingga Desember 2022.

Untuk semakin menggairahkan kegiatan ekspor Toyota Indonesia ke mancanegara, pihaknya akan menyambangi kawasan Afirka Selatan dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, pihaknya mencatat setidaknya terdapat beberapa kendaraan yang diterima dengan baik oleh konsumen mancanegara mulai dari jenis SUV yang meliputi Fortuner, Rush dan Raize dengan perolehan sebanyak 149.200 unit.

Sedangkan kendaraan dari jenis MPV seperti Kijang Innova, Sienta Avanza, Town/Lite Ace, Veloz menyumbang sebanyak 101.000 unit dan dari kendaraan dengan tipe sedan, hatcback LCGC seperti Vios, Yaris dan Agya berkontribusi sebanyak 46.800 unit.

Baca juga: Toyota Indonesia catat rekor ekspor terbaik di tahun 2022

Baca juga: TAM yakin pasar elektrifikasi di Indonesia makin tumbuh di 2023

Baca juga: Toyota rangkul universitas giatkan edukasi dan pengembangan EV
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023