Badung, Bali (ANTARA) - Produsen motor listrik asal Amerika Serikat membekali TNI dan Polri dengan ratusan sepeda motor listrik berperforma tinggi untuk melengkapi armada pengamanan khusus bagi para tamu VIP selama penyelenggaraan KTT G20.

Hampir 300 unit sepeda motor lisrrik Zero Motorcycles digunakan selama KTT G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali.

"Kami bangga telah dapat berpartisipasi di KTT G20 ini dan berharap dapat terus mendukung Pemerintah Indonesia pada kesempatan serupa di masa-masa mendatang," ujar CEO PT. Elektrik Motoriz Global, Authorized Distributor Zero Motorcycles di Indonesia Harun Sjech dalam rilis pers yang diterima, Rabu.

Baca juga: Pengamat: G20 dorong motor listrik Gesits naik kelas ke level global

Zero Motorcycles tipe DSRP digunakan secara eksklusif oleh Polri, sementara TNI dilengkapi tipe SR/S dan SR/F yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pengamanan dan pengawalan khusus.

KTT G20 adalah forum global yang mencakup 19 negara dan Uni Eropa, yang mewakili 20 negara dengan ekonomi dan perdagangan terbesar.

Tujuan utama KTT G20 adalah untuk mengatasi masalah ekonomi dunia termasuk stabilitas keuangan, perubahan iklim, dan pembangunan keberlanjutan secara menyeluruh.

Dalam upaya mencapai emisi bersih selama KTT ini, Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo, menyerukan agar seluruh instansi pemerintah menggunakan transportasi berbasis listrik selama acara tersebut.

"KTT G20 menjadi acara yang sangat penting bagi kami karena dapat mendukung armada besar sepeda motor listrik yang andal untuk acara tersebut,” ucap CEO Zero Motorcycles Sam Paschel.

Zero Motorcycles yang didirikan pada 2006, telah beroperasi di lebih dari 40 negara. Saat ini Zero Motorcycles memiliki 10 model yang dibangun berdasarkan tiga platform berbeda untuk kebutuhan jalan raya serta dual purpose.

Selain itu juga terdapat model yang secara khusus dirancang untuk digunakan oleh Armada Polisi dan Militer, yang kini telah digunakan oleh lebih dari 240 institusi di Amerika Serikat dan berbagai belahan dunia lainnya.

Baca juga: Zero Motorcycles akan hadirkan kendaraan adventure pada 2023

Baca juga: Terobosan baru Zero Motorcycles bertenaga listrik hadir di IIMS

Baca juga: Pemkab Probolinggo gelar konvoi motor listrik dukung G20 di Bali
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022