Jakarta (ANTARA) -
PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) kembali menghadirkan program CSR Festival Kreatif Lokal 2022 berupa pendirian landmark Desa Ramah Berkendara, di Desa Sanankerto, Malang.
 
"Kami mengajak sahabat-sahabat kami dari komunitas motor untuk touring bersama dan merasakan pengalaman liburan yang unik di Desa Wisata Sanankerto. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Sanankerto sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif, sekaligus memberikannya predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara,” kata Direktur Marketing Adira Finance, dalam keterangan resminya Senin.
 
Bekerjasama dengan Kemenparekraf RI, Adira memilih Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif, sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.
 
Selain itu, Desa Sanankerto memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti Kawasan Wisata Boon Pring, Hutan Bambu Desa Wisata Sanankerto, hingga menyusuri Sungai Andeman.

Peresmian tersebut dilakukan dalam gelaran Festival Pasar Rakyat di Pasar Turen, Malang.

"Segenap masyarakat dan UMKM di Desa Sanankerto menyambut baik program Festival Kreatif Lokal 2022 dan berterima kasih kepada Adira Finance sebagai mitra dari Kemenparekraf RI yang telah mendukung pengembangan Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara. Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Sanankerto," kata Kepala Desa Sanankerto, M. Subur.
 
Dalam kesempatan ini, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Turen Malang yang bertujuan untuk menjadikan pasar rakyat di daerah desa wisata menjadi ruang publik kreatif melalui pertunjukan kesenian, bazar UMKM, dan literasi keuangan, serta kegiatan pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata bertajuk Desa Wisata Kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM setempat.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur - Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan bersama dengan Adira Finance sebagai aspek bisnis dalam unsur pentahelix yang menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto – Malang.

"Kami berharap dan yakin dengan diselenggarakannya Festival Kreatif Lokal ini mampu untuk menggarap seluruh potensi lokal yang ada, memperluas pasar produk ekraf, serta membuka peluang usaha seluas-luasnya. Manfaat dari adanya kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi berbagai pihak dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Vinsensius Jemadu.
 
Berkolaborasi dengan Kemenparekraf RI, Festival Kreatif Lokal 2022 adalah program CSR tahunan Adira Finance yang bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.
Selain pihak pemerintah, penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh pihak swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.
 
 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022