Jakarta (ANTARA) - Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dari pemerintah mengenai subsidi untuk kendaraan listrik yang sudah disahkan oleh pemerintah pada akhir Maret lalu.

"Sedangkan untuk yang terkait subsidi dari pemerintah, kita masih tunggu juklaknya. Kalau nominalnya kan sudah diumumkan nah kita masih menunggu juklaknya yang belum keluar dan kami masih menunggu kepastiannya," kata Swandajani Gunadi di Jakarta, Selasa.

Meski begitu, pihaknya juga tidak tinggal diam, Adira Finacne sudah melakukan pertemuan dengan berbagai pihak-pihak terkait guna membahas subsidi untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Baca juga: Adira siap fasilitasi pembelian kendaraan listrik selama IIMS 2023

Saat ini, pihaknya masih terus menjalankan program-program yang sudah mereka miliki sejak tahun sebelumnya, yakni program subsidi sebesar Rp2,5 juta untuk satu motor listrik.

"Kami ingin melanjutkan program yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu, yang memang kita bekerja sama dengan merek motor listrik. Ada beberapa motor yang memberikan subsidi. jadi kita masih melanjutkannya dengan Rp2,5 juta itu," jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Penjualan, Pelayanan & Distribusi Adira Finance menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung langkah pemerintah untuk menyuburkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Adira Finance siap fasilitasi kosumen EV pada ajang IIMS 2023

"Pokoknya kita akan support terus program pemerintah. Namun kita masih tunggu juklaknya ini kan belum jelas," kata Niko di lokasi yang sama.

Pemerintah telah resmi memberikan subsidi bantuan kepada masyarakat yang hendak membeli kendaraan listrik sebesar Rp7 juta. Hal ini guna mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin subur.

Dengan semakin suburnya kendaraan listrik di Indonesia, diyakini oleh pemerintah akan juga dapat mengurangi ketergantungan dalam penggunaan bahan bakar fosil serta memiliki manfaat yang lebih untuk alam sekitar.

Baca juga: PLN tambah dua stasiun pengisian kendaraan listrik di Pulau Sumbawa
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023