Jakarta (ANTARA) - Honda Jepang memperkenalkan generasi terbaru All New Civic Type R, sedan sport yang menggunakan basis Honda Civic generasi ke-11, yang kini semakin terlihat sangar berkat pengaplikasian konsep desain “Ultimate Sport”.

Dikutip dari siaran pers Honda, Jumat, perubahan pada All New Honda Civic Type R meliputi desain sasis yang dibuat lebih rendah serta lebih lebar untuk mendapatkan peningkatan performa berkendara. Selain itu jarak pandang ke depan juga dibuat lebih lebar guna memberikan visibilitas yang lebih baik saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Honda rilis teaser All New Honda Civic Type R

Untuk pilihan warna, All New Honda Civic Type R menampilkan kelir ikonis khas Type R yaitu Championship White, kemudian Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl serta Frame Red dan Racing Blue Pearl yang menjadi pilihan warna baru untuk model ini.

Pada bagian interior, Civic Type R menampilkan jok berbahan suede leather dengan karpet lantai berwarna merah. Sementara itu, warna instrumen panel menggunakan kelir hitam, dan setir mengusung desain baru berbahan dasar alcantara.

Kursi depan dirancang dengan bentuk polihedral tiga dimensi untuk menopang tubuh secara kuat sehingga pengemudi dan penumpang depan lebih percaya diri saat berkendara di sirkuit balap dengan kecepatan penuh.

Baca juga: Honda perkenalkan All New E: HEV pertama kalinya di dunia

Pada desain meter cluster terdapat desain eksklusif pada mode +R yang memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi instan saat berkendara dengan mode Sport. Pada bagian atas meter cluster menampilkan informasi penting seperti RPM mesin, indikator putaran, dan indikator posisi persneling.

Pada Maret 2022, Honda telah melakukan uji coba model prototipe dari All New Honda Civic Type R di Sirkuit Suzuka di mana berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat yaitu 2 menit 23,120 detik untuk kategori mobil penggerak roda depan (FWD).

All New Honda Civic Type R punya beberapa mode berkendara sesuai kebutuhan pengemudinya yaitu, Individual, Comfort, Sport dan +R. All New Honda Civic Type R telah dilengkapi Honda Connect yang menampilkan data telematik kendaraan yang terintegrasi dengan perangkat smartphone.

All New Honda Civic Type R bermesin 2.0 liter VTEC Turbo tersebut akan mulai dijual di Jepang pada September 2022.


Baca juga: All New Honda Civic RS jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022

Baca juga: Honda Civic Type R 2023 hadir Juli di AS

Baca juga: Pasar sedan semakin menantang, ini spesifikasi MG 5 GT dan Civic RS
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022