Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier berharap penyelenggaraan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 dapat menarik investor dari luar negeri.

"Diharapkan PEVS 2022 dapat mengangkat national flag serta menaikkan animo masyarakat melalui edukasi dan penjualan serta pabrik-pabrik manufaktur dari luar negeri dapat tertarik sehingga dapat dijadikan peluang investasi," ujar Taufik dalam rilis pers diterima di Jakarta, Kamis.

Sebagai rangkaian PEVS, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dan Dyandra telah melakukan audiensi dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian yang diadakan pada Rabu (20/7).

Dalam pertemuan tersebut, Taufik mengatakan bahwa pameran PEVS 2022 diadakan pada momentum yang tepat, di mana dunia sedang mengejar suatu emisi yang aman untuk ketahanan energi.

Baca juga: PERIKLINDO Electric Vehicle Show siap digelar Mei 2022

Secara regulasi, Indonesia sudah siap untuk masuk ke era elektrifikasi, baik dari kendaraan roda dua dan roda empat maupun transportasi umum. Dengan pemberdayaan yang berkesinambungan, elektrifikasi dinilai dapat menjadi solusi alternatif untuk menghemat bahan bakar minyak.

Taufik juga berharap industri kecil menengah dalam negeri dapat terus dibangun dan dikelola sehingga terbentuk suatu ekosistem yang komprehensif.

'Kami optimis ini akan maju dan nanti dapat diimplementasikan bagi daerah-daerah yang memiliki polusi tinggi, dan kami siap membantu untuk merealisasikannya," ucap dia.

Sekretaris Jenderal Periklindo Tenggono menyambut baik dukungan yang diberikan Kementerian Perindustrian. Melihat perkembangan dunia mengenai kendaraan listrik, dia berharap Indonesia dapat beralih ke energi alternatif melalui kendaraan listrik.

"Kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup dan mampu untuk menjadi produsen kendaraan listrik di masa depan, dengan dukungan yang diberikan kami berharap seluruh pemangku kepentingan dapat saling berkolaborasi dalam membangun sistem kendaraan listrik untuk Indonesia," kata dia.

Periklindo bersama Dyandra Promosindo akan menghadirkan pameran elektrifikasi yang mengedepankan edukasi kendaraan listrik yaitu PEVS 2022. Pameran tersebut akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 22 – 31 Juli 2022.

Kegiatan itu juga didukung oleh perusahaan BUMN, yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai Sponsor, Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai Official Leasing Partner serta Authenticity dan didukung oleh Garuda Indonesia serta City Vision.

Untuk memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung, PEVS 2022 menghadirkan area EV - Track Zone yang terdiri dari beragam program menarik, salah satunya tes mengemudikan kendaraan listrik di dalam ruangan.

Pameran PEVS 2022 diharapkan semakin membuka mata masyarakat bahwa era elektrifikasi hadir untuk memberikan manfaat terutama terhadap lingkungan.

Baca juga: Simak harga tiket dan daftar kendaraan listrik terbaru di PEVS 2022

Baca juga: PEVS 2022 tampilkan deretan kendaraan resmi KTT G20

Baca juga: Pameran PEVS 2022 bakal diramaikan 50 brand ekosistem EV
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022