Jakarta (ANTARA) - Volkswagen membantah adanya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di pabrik Xinjiang, China, dan berencana untuk melanjutkan operasi di pabrik tersebut.

"Kami pergi ke sana dan seperti di (pabrik) manapun di dunia, kami memastikan untuk menerapkan standar perburuhan kami serta menghormati perbedaan budaya dan agama," kata Chief Executive Volkswagen Herbert Diess kepada surat kabar Handelsblatt, dikutip dari Reuters, Selasa.

Volkswagen, yang memiliki usaha patungan dengan produsen mobil terbesar China SAIC Motor, sejak 2013 menjalankan pabrik di Urumqi, Xinjiang. Negara-negara Barat dan kelompok pembela HAM mengatakan bahwa etnis Uyghur ditahan di kamp dan mengalami penyiksaan di sana sebagai tenaga kerja paksa.

Menurut laporan Der Spiegel, Kementerian Ekonomi Jerman menolak memberikan VW jaminan untuk menutupi investasi baru di China karena dugaan tersebut.

Namun, China telah berulang kali membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa yang disebut kamp penahanan sebenarnya merupakan fasilitas pelatihan kejuruan.

Selain di China, Volkswagen juga menghadapi tekanan untuk mengatasi masalah HAM di Brazil, di mana jaksa penuntut umum telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan pelanggaran HAM.


Baca juga: VW belum berencana hidupkan kembali pabrik di Rusia

Baca juga: VW dalam penyelesaian "dieselgate" Inggris senilai Rp3,5 triliun

Baca juga: Jerman dilaporkan tolak beri jaminan investasi VW China terkait HAM
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022