Jakarta (ANTARA) -
Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (id42ner) siap menggelar kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) ke-3 sekaligus perayaan hari jadi ke 15 tahun pada 26-28 Mei 2022 di Palembang, Sumatera Selatan.
 
“Jamnas ke-3 ini dalam rangka juga anniversary kami ke-15, dengan mengusung tema Membangkitkan Pariwisata dan UMKM terhadap Dampak Pandemi Covid-19 bersama id42ner. Kegiatan semacam ini pertama kali diadakan di Sumatera,” kata Presiden id42ner, Ary Yunanto di Jakarta, Selasa.
 
Ary menjelaskan, sebelum masa pandemi, komunitasnya kerap menyelenggarakan kegiatan touring ke sejumlah wilayah. Pada kesempatan tersebut juga diisi dengan acara bakti sosial dan promosi wisata.
 
“Jadi, karena adanya pandemi COVID-19, kegiatan kami ikut terbatas,” ujarnya.
Namun demikian, berbagai kegiatan yang telah dilakukan id42ner selama masa pandemi, antara lain menggelar gerakan sterilisasi disinfectant di 100 tempat ibadah pada Oktober 2020, kemudian baksos panti asuhan dan bencana alam tahun 2020 dan 2021.
 
“Selain itu, memberikan bantuan 1.000 paket alat pendidikan kepada lima yayasan di Kabupaten Bogor tahun 2022 dan membangun dua unit rumah hunian terhadap korban erupsi Gunung Semeru tahun 2022,” sebut Ary.
 
Adhe Nugroho sebagai ketua pelaksana acara Jamnas ke-3 dan HUT ke-15 id42ner menyampaikan, kegiatan yang akan diselenggarakan komunitasnya di Palembang ini mendapatkan dukungan dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang.

“Kami optimistis, kegiatan kami akan membawa dampak positif bagi promosi wisata dan bangkitnya roda ekonomi bagi para pelaku UMKM khususnya di wilayah Palembang,” ujar Adhe.
 
Pengurus id42ner juga telah mengimbau kepada para peserta yang akan hadir untuk menyempatkan berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di Palembang dan membeli beragam kerajinan atau makanan khas Bumi Sriwijaya.
 
“Di Palembang banyak lokasi wisata yang menarik, misalnya Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Masjid Cheng Ho, Taman Wisata Alam Punti Kayu, dan Museum Balaputradeva. Selain itu, kita juga sudah mengenal banyak makanan khas Palembang yang enak-enak, seperti pempek, tekwan, mi celor, lempok durian, dan tempoyak,” ungkapnya.
 
Adhe menegaskan, para peserta Jamnas ke-3 dan HUT ke-15 id42ner sudah dipesan untuk tetap patuhi peraturan lalu lintas di jalan dan menjaga protokol kesehatan secara ketat. “Kami pun memohon maaf kepada masyarakat Kota Palembang apabila nanti ada sedikit kemacetan dari iringan para rombongan peserta,” ucapnya.

Baca juga: TEVCI tanam 1.000 pohon di Kuningan, rayakan 50 tahun Toyota

Baca juga: Pajero Indonesia One tuntaskan "Tour de Ranah Minang 2020"

Baca juga: Cara Jakarta All New Corolla rayakan hari jadi kedua
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022