Jakarta (ANTARA News) - General Motors Indonesia yang memegang merek Chevrolet akan mulai mengoperasikan pabrik mereka di wilayah Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada tahun  2013.

"Kami ingin terus berkembang di Indonesia, dan pabrik tersebut nantinya berkapasitas penuh memproduksi 40 ribu kendaraan pertahun," kata President Director GM Indonesia Marcos Purty di Jakarta, Rabu.

General Motors menginvestasikan 150 juta dolar AS untuk pabrik di lahan 11 hektar tersebut. Pabrik tersebut menurut Purty merupakan pabrik perakitan penuh dan akan menyerap tenaga kerja sekitar 800 orang.

Purty mengemukakan kendaraan yang akan dirakit adalah jenis MPV (multi purpose van) yang berkode "PM 7". Kendaraan tersebut dinilai paling cocok untuk pasar Indonesia. Nama dagangnya belum diumumkan.

Purty mengemukakan bahwa enam bulan pertama 2011, General Motors berhasil menjual 2,3 juta kendaraan di seluruh dunia. "Artinya, setiap 6,6 detik, ada satu kendaraan kami terjual," katanya.

Ketika ditanya tentang perbandingan pabrik tersebut dengan kompleks pabrik General Motors di Thailand, Purty menolak untuk membanding-bandingkan.

"Soalnya yang akan dibuat di pabrik di sini beda dengan yang di Thailand, jadi tak bisa dibandingkan," katanya.

General Motors sejak dasawarsa 90-an menjadikan Thailand sebagai basis produksinya untuk kawasan Asia Tenggara. Kompleks pabrik General Motors di Rayong, Thailand  memiliki 3.500 karyawan dari beberapa pabrik, antara lain pabrik perakitan dan pabrik mesin.
(A038)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011