Jakarta (ANTARA News) -  Chevrolet New Captiva Diesel 2.0 diluncurkan di Jakarta dengan rentang harga rp355 juta hingga rp361 juta.

"Captiva selama ini jadi tulang punggung kami di Indonesia, dan kami berniat terus berkembang di sini," kata Presiden General Motors Indonesia, Marcos Purty saat peluncuran New Captiva Diesel di Karawang.

New Captiva Diesel menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi otomatis GM Tiptronic. Mesin barunya menggunakan DOHC (model sebelumnya SOHC) dengan tenaga maksimal 163 PS pada 3.800 rpm.

Perubahan juga terjadi pada transmisi otomatis dari 5 kecepatan pada model sebelumnya menjadi 6 tingkat kecepatan otomatis.

General Motors, pemilik merek Chevrolet, mengklaim New Captiva punya torsi terbesar di kelasnya yaitu 360 Nm pada 1,750-2.750 rpm.

Kendaraan jenis SUV tersebut berjenis 7 penumpang (seven seaters) dengan bodi monocoque serta memiliki bintang 5 Euro NCAP (badan independen penguji keselamatan kendaraan di Eropa). Perbaikan antara lain juga pada batang stabilizer yang lebih besar.

Fitur keselamatan standar Captiva dipertahankan seperti ABS, EBD, airbags, maupunj self leveling yang membuat kendaraan tetap seimbang antara depan dan belakang meski ada muatan.

Menurut service manager General Motors Indonesia, Rico Lianggi, mesin baru Captiva diesel  makin irit antara 6 dan 10 persen dari model sebelumnya. "Tapi untuk pastinya satu liter berapa km, kami akan pastikan dulu. Yang pasti memang makin irit," katanya.

Dia mengemukakan mesin diesel New Captiva sudah dirancang untuk Indonesia dan siap untuk EURO 4 namun juga masih bisa menggunakan minyak solar biasa.

Captiva hadir sejak 2007 dan telah meluncurkan lima varian bensin maupun soal, penggerak depan ataupun "all wheel drive".
(A038)
 

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011