Jakarta (ANTARA) - Ford mengumumkan pikap listrik Ford F-150 Lightning akan diluncurkan pada 26 April 2022, dan akan menjadi pesaing terkuat untuk pikap listrik Tesla Cybertruck, Chevrolet Silverado EV, dan Rivian R1T

"Para pimpinan Ford dan serikat pekerja akan menyambut calon konsumen untuk merayakan dimulainya produksi F-150 Lightning di Rouge Electric Vehicle Center di Dearborn, Michigan," tulis Ford di laman resmi perusahaan, Minggu.

Baca juga: Ford, GM akan hentikan produksi di pabrik Michigan karena suku cadang

Uniknya, dalam peluncuran itu calon pelanggan akan diajak bergabung dengan karyawan Ford untuk menyaksikan perakitan pertama F-150 Lightning yang dinamai "Job 1".

Ford tidak mengumumkan harga dan spesifikasi F-150 Lightning. Namun Chief Executive Ford, Jim Farley, pada awal tahun ini menyatakan bahwa perusahaan kewalahan dengan pemesanan F-150 Lightning.

Mereka terpaksa membatasi pemesanan untuk sementara hingga 200 ribu unit, karena kapasitas produksi mereka hanya 70 ribu hingga 80 ribu unit per tahun.

Selain itu, sebagian besar konsumen Ford F-150 Lightning merupakan kalangan konsumen baru. Berdasarkan data perusahaan, sebanyak 112.500 pemesan Ford F-150 Lightning berstatus konsumen baru atau pembelo mobil pertama, dari total 150.000 unit pemesanan pada kuartal tiga 2021.

Baca juga: Ford Otosan mulai produksi model Transit semua-listrik di Turki

Baca juga: Ford hentikan produksi Focus dan Fiesta

Baca juga: Ford tarik 737 ribu kendaraan AS karenamasalah perangkat lunak
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022