Jakarta (ANTARA) - Ford Sales & Services Korea, Hyundai Motor Co. dan sejumlah pembuat mobil lainnya akan menarik 54.390 kendaraan karena cacat suku cadang, kata kementerian transportasi Korea Selatan.

Ford akan menarik 19.733 unit SUV Explorer karena sambungan kaki belakang yang rusak di roda belakang yang dapat menyebabkan masalah keselamatan saat mengemudi, menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi negara itu, dikutip Yonhap, Kamis.

Sementara itu, Hyundai akan menarik 17.682 unit Nexo berbahan bakar hidrogen karena kerusakan sensor yang menyebabkan kegagalan dalam pengoperasian lampu peringatan jika terjadi kebocoran gas hidrogen.

Sebanyak 15.323 unit Accord Hybrid Honda Motor Co. dan empat model lainnya akan ditarik karena desain sakelar jendela mereka yang salah, yang gagal memenuhi persyaratan keselamatan, menurut kementerian.

Tesla Korea akan menarik kembali 1.290 unit Model S, karena kesalahan perangkat lunak dalam sistem kontrolnya menyalakan lampu cadangan saat mengemudi yang menyebabkan masalah keamanan.

Kementerian mengatakan pihaknya berencana untuk mengenakan denda pada Honda dan Tesla setelah meninjau langkah-langkah koreksi mereka dan faktor lainnya.

Jaguar-Land Rover Korea akan menarik 159 unit Discovery SD4, karena kesalahan pengaturan selang bahan bakar bertekanan rendah dan kerusakan substansialnya dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan kebakaran.

Sebanyak 123 dari BMW K 1600 GT dan dua model lainnya, serta 80 mobil Volkswagen Golf 8 2.0 GTI, juga akan ditarik karena suku cadang yang rusak dan masalah keamanan, menurut kementerian.

Perusahaan akan menghubungi pemilik kendaraan melalui surat atau pesan teks seluler, dan memberikan layanan perbaikan dan penggantian secara gratis.

Baca juga: BMW akan tarik lebih 1 juta kendaraan karena risiko kebakaran mesin

Baca juga: Empat perusahaan tarik hampir 50 ribu kendaraan karena komponen rusak

Baca juga: BMW "recall" empat model kendaraan akibat masalah transmisi
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022