Jakarta (ANTARA) - Tesla Korea, Hyundai Motor Co. dan empat produsen mobil lainnya akan menarik kembali lebih dari 72.000 kendaraan di Korea Selatan karena komponen yang rusak, kata Kementerian Transportasi negara itu, Kamis (4/1).

Keenam perusahaan tersebut, termasuk Ford Sales & Service Korea, Nissan Korea, Kia Corp. dan Honda Korea, secara sukarela menarik kembali total 72.674 unit dari 13 model berbeda, menurut kementerian.

Baca juga: Empat produsen tarik 28 ribu kendaraan karena suku cadang rusak

Masalah yang mendorong penarikan tersebut termasuk kesalahan perangkat lunak pada sistem auto pilot pada sekitar 63.991 unit Tesla, termasuk Model Y.

Selain itu, sekitar 1.990 unit Tesla Model X ditemukan mengalami masalah dengan mekanisme kunci pintu jika terjadi tabrakan.

Sekitar 2.400 unit model Hyundai, termasuk G80, ditemukan memiliki komponen yang rusak pada poros penggerak roda belakang, yang dapat menyebabkan kendaraan berhenti saat melaju.

Baca juga: Tesla tarik 120.000 mobil karena pintu dapat terbuka saat kecelakaan

Selanjutnya, sebanyak 2.156 unit model Mustang Ford gagal mengeluarkan peringatan dengan benar jika terjadi penipisan minyak rem. Sekitar 1.100 unit model Nissan, termasuk Altima 2.0, ditemukan mengalami masalah pada unit kamera belakang.

Selain itu, 922 kendaraan kompak SUV Kia Seltos juga ditarik kembali karena komponen sistem kantong udaranya rusak, sementara 49 unit minivan Honda Odyssey ditemukan memiliki komponen mesin yang rusak. Demikian disiarkan Yonhap, Kamis (4/1).

Baca juga: Toyota akan tarik 1 juta mobil di AS karena masalah kantong udara
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024