Jakarta (ANTARA) - PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara mengenai kampanye penarikan kembali (recall) yang menimpa Tiggo 5X di Filipina, akibat adanya masalah pada sumbu roda belakang atau rear axle.

Dalam surat resmi yang dikeluarkan oleh PT Chery Sales Indonesia, pihaknya berjanji akan terus memantau dan memastikan setiap unit yang nantinya masuk ke pasar Indonesia sudah melalui proses uji kualitas yang ketat.

“Chery Indonesia sudah mendapatkan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di Filipina dengan TIGGO 5X. Dengan kondisi di Indonesia belum melakukan peluncuran dan pendistribusian, maka hal ini memberikan kesempatan kepada kami untuk semakin ketat dalam melakukan pengecekan,” tulis surat resmi yang dikirimkan oleh PT CSI, Rabu (29/5).

Baca juga: Chery "recall" Tiggo 5X Pro, kualitas dan material dipertanyakan

“Kami akan memastikan bahwa setiap unit terbebas dari semua kemungkinan masalah dan terlebih dahulu melalui QC ketat sebelum dikirimkan kepada konsumen,” lanjut pernyataan dalam surat tersebut.

Dalam kasus yang terjadi di Filipina, United Asia Automotive Group Inc selaku distributor Chery di Filipina telah menarik setidaknya 90 unit kendaraan tersebut dari peredaran untuk dilakukan perbaikan.

Perbaikan yang dilakukan di diler resmi, dijanjikan tidak lebih dari 30 menit jika tidak ditemukan adanya masalah yang serius dan penggantian komponen. Kejadian tersebut dikarenakan adanya area pengelasan pada komponen yang tidak sempurna.

Baca juga: Buntut as roda Omoda 5 patah di Malaysia; 420 unit di RI terdampak

Kejadian ini juga terjadi pada kendaraan Omoda 5 yang ada di Malaysia. Tidak hanya Malaysia, nyatanya kendaraan Omdoa 5 yang ada di Indonesia juga mengalami dampak yang sama sehingga pihak CSI harus memeriksakan sekitar 420 unit Omoda 5 yang memiliki potensi seperti kasus tersebut.

“Untuk kasus yang terjadi di Filipina, mereka sudah memberikan pernyataan resmi dan itu merupakan bagian dari etos kerja Chery Group untuk selalu memprioritaskan seluruh konsumen Chery di seluruh dunia,” sambung isi surat tersebut.

“Kami sebagai perusahaan yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan konsumen, tentu akan memberikan respons yang solutif untuk setiap masalah yang mungkin muncul,” tambahnya.

Baca juga: Chery berupaya pastikan keamanan Omoda 5 di Indonesia

Chery Tiggo 5X sudah diperkenalkan oleh PT CSI selaku pemegang merek dari brand Chery di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bahkan tidak hanya diperkenalkan, pihak Chery Indonesia juga sudah membuka keran pemesanan untuk kendaraan ini yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp269 juta untuk tipe terendahnya.

Baca juga: Chery Automobile tarik 82.867 mobil bermasalah mesin

Baca juga: Chery luncurkan mobil baru TIGGO 5X di pasar Indonesia

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024