Jakarta (ANTARA) - Toyota Gazoo Racing (TGR) memperkenalkan GR Corolla yang mengusung mesin turbo tiga silinder 1.600cc, di California, AS, pada Kamis (31/3) waktu setempat.

Toyota menyatakan mobil ikonis tersebut juga akan dipasarkan di Jepang pada semester kedua 2022.

Baca juga: Cara Jakarta All New Corolla rayakan hari jadi kedua

"Menghadirkan kembali Corolla yang telah memikat pelanggan kami," kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dalam siaran pers Toyota Global, Jumat.

GR Corolla menggunakan mesin turbo intercooler tiga silinder 1.600cc yang lebih kuat dari mesin GR Yaris. Mesin Corolla versi sport ini mampu mengeluarkan output maksimum 224 kW (304 PS)/6.500rpm, sedangkan GR Yaris sebesar 200 (272) 6.500rpm.
Toyota Gazoo kenalkan GR Corolla (ANTARA/HO Toyota Global)


GR Corolla mengadopsi sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch guna memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

Kendati demikian, 4WD pada mode "Drive" GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR. Hal itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung.

Untuk bodinya, GR Corolla menggunakan basis Toyota Corolla Sport namun dengan memperlebar roda depan sejauh 60 mm dan 85 mm pada belakang. Kendati demikian, mobil itu tetap bisa mengangkut lima penumpang sehingga bisa digunakan sebagai moda mobilitas sehari-hari.

Toyota belum mengumumkan harga untuk GR Corolla versi Amerika itu.



Baca juga: Toyota segarkan dua varian New Corolla Altis

Baca juga: Penjualan mobil listrik-hybrid 2021, Kona dan Corolla Cross terlaris

Baca juga: Toyota buat seri manga rayakan produksi 50 juta Corolla
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022