Jakarta (ANTARA News) - General Electric dan Nissan pada akhir pekan mengumumkan kerjasama hingga dua tahun ke depan untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik.

"Kami tidak bertujuan membuat kendaraan," kata Mark Little, direktur GE Global Research seperti dikutip AFP, Sabtu.

"GE akan membantu Nissan agar kendaraan listrik makin mudah digunakan dan gampang dipahami pemakai...kami ingin membesarkan hal ini."

GE punya keahlian di bidang infrastruktur listrik. GE menilai kerjasama dengan Nissan dapat menjawab tantangan global yaitu mengintegrasikan jutaan kendaraan listrik dalam satu infrastruktur.

"AS dan negara-negara lainnya mulai memasuki era kendaraan listrik, maka sektor otomotif membentuk hubungan-hubungan industri baru," kata Little.

Koneksi baru yang sudah terbangun adalah hubungan dengan perusahaan pembangkit dan penyedia listrik.

Menurut petinggi Nissan Americas, Bob Sump, keahlian dan pengalaman GE dalam jaringan listrik akan membantu Nissan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi kendaraan listrik seperti Nissan Leaf.

Kerja sama lainnya seperti riset yang dilakukan GE bersama Nissan. Riset itu bertujuan agar kendaraan listrik seperti Nissan Leaf dapat menjadi bagian dari konsep Smart Home dari GE. Konsumen dapat mengatur aliran listrik di rumah dan kendaraan.
(A038)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011