Jakarta (ANTARA News) - Isuzu menempati peringkat ketiga dalam survey kepuasan pelanggan JD Power 2011, lebih baik dibanding peringkat tahun lalu yang berada pada posisi ketujuh.

"Ada lima hal yang dinilai JD Power dalam layanan purna jual, yakni penasihat servis, kualitas perbaikan, penyerahan kendaraan servis, inisiasi servis, dan fasilitas servis," ujar Sales & Marketing Support PT Astra International Tbk Isuzu Sales Operation Puti Annisa di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tahun lalu peringkat Isuzu melorot. Namun, dalam setahun terakhir Isuzu melakukan banyak peningkatan dari segi pelayanan saat penjualan dan layanan purna jual. Servis bisa dilakukan di seluruh bengkel Astra-Isuzu, demikian dengan pembelian suku cadang.

Puti menuturkan, Isuzu sudah melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan indeks kepuasan pelanggan, antara lain membuka bengkel pada hari minggu, meningkatkan jam buka bengkel, melakukan sistem pengukuran, CS Traning dan roleplay.

Selain itu, dia menegaskan, Isuzu juga meningkatkan fasilitas bengkel, meningkatkan respons dengan membangun bengkel satelit pada area?area kantong truk, melakukan kampanye loyalitas pelanggan dan melakukan peningkatan data kualitas pelanggan.

"Kami harap peningkatan peningkatan ini dapat terus dilakukan kemudian hari agar pelanggan puas dengan layanan purna jual kami," tukas dia.

Dia mencatat, Astra Isuzu telah memiliki 34 showroom di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 32 showroom mencakup sales, service, spare part (3S) dan dua showroom sales.

"Jumlah delaer akan terus meningkat sesuai dengan visi Isuzu yang ingin menjadi pemain nomor satu kendaraan komersial nasional," ujar Puti.

(ANT-258/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011