Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor mengisyaratkan akan mengeluarkan kendaraan sedan buntung (hatchback) kecil di Indonesia, seiring tumbuhnya segmen tersebut di dalam negeri.

"Saat ini tren hatchback kecil sedang tumbuh dan mendorong pertumbuhan pasar hatchback di Indonesia," kata Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, kepada ANTARA, di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-19, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan pasar hatchback kecil khususnya Nissan March, Suzuk Splash, Kia Picanto, dan lain-lain telah mendorong pasar hatchback secara keseluruhan di Indonesia sehingga mencapai 17 persen dari total pasar mobil di Indonesia.

Saat ini, kata dia, Toyota telah masuk pasar hatcback melalui Yaris yang membidik kalangan muda. Namun, melihat tren ke depan, lanjut dia, tidak tertutup kemungkinan, TAM akan memasukan hatcback kecil yang pasarnya sedang tumbuh.

"Seperti Innova ada mobil yang lebih kecilnya yaitu Avanza, maka Yaris juga mungkin perlu mobil yang lebih kecilnya," ujar Joko.

Namun, ia tidak mau menjelaskan secara detail mobil apa yang akan dipasarkan di Indonesia. Menurut dia, bisa saja Yaris dibuat lebih kecil atau dibuat model baru, hatchback kecil Toyota.

Ketika menanggapi pertanyaan kapan kendaraan itu akan diluncurkan, Joko mengatakan tidak mungkin tahun ini.

"Toyota memiliki line up yang banyak, jadi pertimbangan memasukkan mobil ke pasar Indonesia sangat lama dan harus matang," ujarnya.

Saat ini di pasar hatchback Toyota menguasai sekitar 28-29 persen pasar lewat Yaris. Pangsa pasar itu, kata Joko, naik dibandingkan tahun lalu yang mencapai 22-23 persen.
(R016)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011