Yokohama (ANTARA News)- Nissan Motor Co mengumumkan raihan laba hingga 1,84 miliar dollar Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun fiskal 2011 yang mencakup April - Juni 2011.

Menurut Carlos Goshn, CEO Nissan, raihan itu dipengaruhi oleh cepatnya pemulihan pabrikan asal Jepang itu dari keterpurukan akibat terjangan gempa dan tsunami Maret silam.

"Proses pemulihan kami yang cukup cepat dari bencana alam di bulan Maret lalu sekali lagi memperlihatkan respon Nissan yang efektif terhadap krisis ini," kata Carlos dalam siaran pers yang diterima ANTARA News.

Berdasarkan pencapaian itu pula, Carlos yakin Nissan akan mampu mencapai target yang telah ditetapkan pada akhir tahun mendatang.

"Walaupun terdapat beberapa faktor penghambat seperti kurs mata uang, dan kenaikan harga bahan baku, performa Nissan di kuartal pertama ini merupakan indikasi yang kuat bahwa kami dapat mencapai target yang telah ditetapkan,"kata Carlos.

Secara global, Nissan telah membukukan penjualan sebanyak 1.056,000 unit selama kuartal pertama 2011. Artinya, peningkatan sebesar 10,6% dibandingkan penjualan di periode yang sama tahun lalu.

Dalam tahun fiskal 2011 Nissan memperkenalkan lima model baru di pasar global. 

Pada kuartal pertama, 'Tiida Hatchback' diperkenalkan di China dan 'Minivan Lafesta Highway STAR' juga diperkenalkan di Jepang. 

Tiga model lagi yakni kendaraan niaga NV400 (jenis front dan rear wheel-drive) dan 'Infiniti JX' masing-masing akan diperkenalkan di pasar Eropa. Sementara Infiniti akan hadir di Amerika Utara. (Ber) 
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011