Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil mewah Volkwagen ternyata juga memproduksi mobil ambulance, namanya the New Ambulance, yang dikenalkan dan dipajang di pameran Indonesia International Motor Show 2011 di JIExpo Kemayoran.

Rudy Permana, Volkwagen Advisor, disela pameran Selasa, menyatakan bahwa the New Ambulance masih dalam tahap pengenalan tetapi dia mengaku sudah ada beberapa instansi yang memesannya.

Sampai hari kelima IIMS 2011, sudah ada empat pemesan dan beberapa instansi pemerintah juga sudah menyatakan berminat.

Yang menarik, VW the New Ambulance ini menggunakan mesin diesel, jadi terbilang irit dan minyak solarnya pun tidak harus berspesifikasi khusus.

"Solar apa saja boleh, tidak masalah," kata Rudy.

ANTARA News yang melihat-lihat ruang kabin the New Ambulance berkesimpulan produk buatan VW ini boleh dibilang lengkap, ada kotak oksigen, rak-rak peralatan medis serta obat, dan ruangannya relatif longgar.

Ada dua kursi untuk petugas medis, dan satu kursi memanjang untuk keluarga pasien di kabin belakang.

Tipe mesin ambulance VW ini 2.0 TDI (turbo direct injection) clean diesel, memiliki 4-cylinder inline, common rail direct injection, dan berkapasitas 1.968 cc.

Tenaga yang dihasilkan 102 bhp dalam 3.500 rpm, maksimum torsi 250 nm dalam 1.500 hingga 2.000 rpm.

Seperti sedan, mobil ini digerakkan oleh roda depan (front wheel drive) dengan lima kecepatan bertransmisi manual.

Sistem pengereman menggunakan teknologi ABS (anti-locking brake system), roda standarnya berukuran 205/65/16, dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar 80 liter.

VW menawarkan dua opsi the New Ambulance, normal roof dan medium roof. Normal roof memiliki dimensi lebar 1.904 mm, panjang 5.292 mm, dan tinggi 1.990 mm, sedangkan yang medium roof lebarnya 1.904 mm, panjang 5.929 mm, dan tinggi 2.176 mm.
(S026) 
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011