Hanoi (ANTARA News) - Honda Vietnam mengatakan Senin pihaknya akan membangun sebuah pabrik sepeda motor ketiga untuk meningkatkan kapasitas dengan 25 persen di pasar motor terbesar keempat di dunia itu.

Pabrik senilai 120 juta dolar di Ha Nam provinsi selatan Hanoi itu diperkirakan akan dibuka pada paruh kedua tahun depan.

Pabrik itu akan meningkatkan kapasitas produksi Honda dengan 500.000 sepeda motor per tahun, "untuk mengakomodasi permintaan konsisten dan cepat pasar sepeda motor di Vietnam," kata rilis perusahaan itu.

Honda sejauh ini telah mencapai total kapasitas dua juta sepeda motor pada tahun ini dari dua pabriknya yang ada di provinsi Vinh Phuc timur laut Hanoi.

Perusahaan itu mengatakan pihaknya memperoleh 64 persen pangsa pasar tahun lalu dengan total 2,69 juta unit dan adalah keempat terbesar di belakang China, India dan Indonesia.

Sepeda motor menjadi moda transportasi utama di Vietnam, sebuah negara berpenduduk sekitar 86 juta orang dimana kota-kota besar penuh dengan bunyi klakson sepeda motor dan skuter.

Honda Vietnam Co Ltd. mulai berproduksi pada 1997. Honda Motor Jepang memiliki 42 persen saham di perusahaan itu. (ANT/K004)
Penerjemah: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011