Jakarta (ANTARA) - Tesla berencana untuk membangun mobil seharga 25.000 euro (sekitar Rp415 juta) di pabriknya dekat Berlin, hal ini sebagai sebuah perkembangan yang sudah lama dinantikan untuk mencapai adopsi massal kendaraan mereka.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin, sumber yang tidak ingin disebutkan namanya tidak menyebutkan kapan produksi akan dimulai, sementara Tesla menolak untuk memberikan komentar.

CEO Elon Musk mengunjungi pabrik di Gruenheide pada Jumat lalu dan berterima kasih kepada staf atas kerja keras mereka, seperti yang ditunjukkan dalam video di platform media sosial X.

Baca juga: Tesla gabung dengan GM, Ford perlambat laju pabrik kendaraan listrik

Pada pertemuan yang sama, dia memberitahu staf tentang rencana untuk membangun kendaraan seharga 25.000 euro di sana, kata sumber tersebut. Pabrik Jerman saat ini memproduksi Model Y, mobil listrik terlaris di Eropa.

Musk sudah lama berencana untuk membuat mobil listrik yang lebih terjangkau, tetapi pada tahun 2022 dia mengatakan bahwa dirinya belum menguasai teknologi tersebut dan menunda rencana.

Namun, sumber-sumber memberi tahu Reuters pada bulan September bahwa perusahaan mobil tersebut semakin mendekati inovasi yang akan memungkinkannya untuk mencetak hampir seluruh bagian bawah mobil listrik dalam satu bagian, suatu terobosan yang akan mempercepat produksi dan menurunkan biaya.

Baca juga: Tesla buka pusat layanan penjualan besar-besaran di Shanghai 

Perluasan ke pasar massal sangat penting untuk mencapai tujuan Tesla meningkatkan pengiriman kendaraan menjadi 20 juta pada tahun 2030, meningkat sepuluh kali lipat dari kapasitas saat ini.

Namun, ekonomi yang lemah dan tingginya suku bunga telah menghantam permintaan untuk kendaraan listrik, mendorong Tesla dan produsen lainnya menurunkan harga dalam beberapa bulan terakhir dalam upaya untuk meningkatkan penjualan.

Perusahaan mobil ini berencana untuk menggandakan kapasitas pabrik Jerman menjadi 1 juta kendaraan per tahun, tetapi tidak memberikan data pembaruan tentang berapa banyak mobil yang diproduksi sejak Maret, ketika mereka mengatakan bahwa telah memproduksi 5.000 kendaraan dalam seminggu, setara dengan sekitar 250.000 per tahun.

Baca juga: Tesla beri kesempatan konsumen untuk kunjungi pabrik mereka
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023