Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal China yang saat ini fokus dengan pengembangan kendaraan masa depan, Build Your Dreams (BYD) resmi menghadirkan pabrik mobil listrik pertama mereka di Eropa, yaitu Hungaria.

Arena Ev, Jumat (22/13) mengabarkan bahwa pabrik yang berlokasi di Szeged, Hungaria, diharapkan tidak hanya menelurkan berbagai produk kendaraan melainkan juga dapat menciptakan ribuan lapangan kerja lokal dalam beberapa tahun ke depan.

BYD mengatakan mereka akan menggunakan berbagai peralatan proses canggih dan proses produksi otomatis untuk membangun “basis manufaktur global terkemuka”. Selain mobil, BYD juga akan memproduksi baterai di pabrik barunya tersebut.

Baca juga: Pabrik terintegrasi BYD mampu produksi 1.200 EV tiap hari

BYD ingin membuat kendaraan listrik untuk pasar Eropa sedekat mungkin dengan titik pengiriman. Hingaria adalah anggota Uni Eropa dan masuk zona Schengen, yang berarti kendaraan yang dibuat di sana tidak akan dikenakan tarif apa pun jika dijual di negara lain di UE.

BYD diduga ingin memproduksi lebih dari 100 ribu kendaraan listrik per tahun di pabrik barunya tersebut, yang diperkirakan akan memakan waktu dua tahun untuk dibangun.

Sebelumnya, BYD telah memiliki pabrik bus di Hungaria, yaitu di Komarom. Selain BYD, Nio juga sudah memiliki pabrik stasiun penukaran baterai di Biatorbagy.

Sedangkan CATL, mereka telah mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan membangun pabrik baterai 100 GWh di Hungaria di Debrecen, sementara yang di Sunwoda menyusul.

CEO BYD Eropa Michael Shu mengungkapkan awal tahun ini bahwa merek tersebut ingin menguasai 10 persen pangsa penjualan kendaraan listrik Eropa pada tahun 2030.

BYD sudah memulai upayanya di Eropa sejak tahun 2022 melalui Paris Motor Show dan kini, mereka telah hadir di 19 negara di benua tersebut. BYD memulai penjualan di Hungaria pada bulan Oktober dan menjadikannya negara Eropa Timur pertama yang menghadirkan kendaraan dari BYD.

Baca juga: BYD fokus pada inovasi teknologi berkelanjutan, termasuk di Indonesia

Baca juga: GM hentikan penjualan Chevy Blazer EV terkait masalah perangkat lunak

Baca juga: Ini syarat klaim garansi seumur hidup tiga komponen Wuling BinguoEV

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023