Surabaya (ANTARA) - DFSK secara resmi menampilkan Seres SF5 di ajang GIIAS Surabaya, kendaraan listrik ini pun disebut memiliki beberapa keunggulan.

Seres SF5 disebut memiliki kemampuan yang setara dengan sports car. Sejumlah teknologi terbaru juga dihadirkan untuk memberi kemudahan bagi pengguna.

"Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih dan mendukung aktivitas mobilitas konsumen sehingga bisa menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu," ujar PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, di GIIAS 2021, Surabaya (8/12/2021).
 
DFSK Seres SF5 yang ditampilkan pertama kali dalam gelaran GIIAS 2021 di Grand City Convex, Surabaya, Rabu (8/12/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Desain yang elegan dan atraktif

Seres SF5 dikembangkan dalam model SUV untuk menyesuaikan dengan tren otomotif yang ada sekarang ini. Mobil ini memiliki sentuhan moderen, elegan, dan bergaya.

Ciri khas utama penampilan dari Seres SF5 adalah desain Sigma LED DRL yang menyerupai kilatan listrik yang menandakan bahwa kendaraan canggih ini ditenagai oleh listrik dan meningkatkan keamanan mobil agar lebih mudah terlihat di siang hari, serta Diamond Grill.

Desain yang mewah dan unik memiliki kemampuan meningkatkan aerodinamika kendaraan saat melaju kencang sehingga lebih efisien, lincah, dan stabil. Kemudian untuk bagian belakang, terdapat Skyline Streamer - Go Through LED Taillight yang memanjang dengan pencahayaan yang natural dan terlihat artistik.

Baca juga: DFSK Seres SF5 belum akan dipasarkan di Indonesia

Baca juga: DFSK SUV Seres SF5 tampil perdana di GIIAS Surabaya


Keunikan lain dari Seres SF5 adalah Hidden Door Handle yang menyatu dengan body kendaraan. Handle pintu baru akan keluar ketika pembawa smart key berada di radius 1 meter dari kendaraan, dan apabila tidak ada aktivitas selama 30 detik maka handle pintu akan kembali bersembunyi sehingga kendaraan kembali terkunci.

Kesan gagah dari sebuah SUV Seres SF5 kemudian ditunjukkan dengan pelek sporty yang memberikan kesan agresif dan tangguh di berbagai kondisi jalan. Pelek ini memiliki ukuran besar 20 inci dengan dukungan ban standar 255/45 dari Pirelli P Zero yang biasa digunakan oleh sports car.

​​​​​Performa super layaknya sports car

Seres SF5 dilengkapi dengan sistem penggerak 4x4 yang didukung oleh High Performance Dual Electric Motor. Pengemudi akan disuguhkan kemampuan dari motor listrik performa tinggi berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di Belakang.

Catatan resmi pihak Research and Development (R&D) menunjukkan akselerasi 0-100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik, atau setara dengan sport car umumnya.

Agar sensasi berkendara semakin menyenangkan dan bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan perjalanan sehari-hari, maka Seres SF5 dilengkapi dengan pilihan mode berkendara dengan dukungan pengaturan elektronik.

Pengemudi bisa memilih 5 mode berkendara, 4 mode perjalanan, 3 mode stir, dan 2 mode pengereman untuk disesuaikan dengan gaya berkendara yang dibutuhkan.

Kedua motor listrik performa tinggi yang ditawarkan ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20-80 persen kurang dari 1 jam.

Apabila tidak tidak menemukan charging station di sekitar selama perjalanan, pengemudi juga tidak perlu khawatir karena Seres SF5 dilengkapi dengan fitur unggulan Intelligent Extended Range Technology.

Seres SF5 juga dilengkapi dengan mesin motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai di saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20 persen. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

Energi listrik yang dihasilkan serta dimiliki oleh Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lainnya, tidak terbatas hanya kepada penggunaan berkendara saja.

Energi yang dimiliki Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk mendukung pengisian baterai kendaraan listrik lainnya, sampai digunakan sebagai sumber energi peralatan listrik rumah tangga, seperti teko pemanas air, audio speaker dan lainnya.
 
DFSK Seres SF5 yang ditampilkan pertama kali dalam gelaran GIIAS 2021 di Grand City Convex, Surabaya, Rabu (8/12/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Baca juga: Ramaikan GIIAS Surabaya 2021, Honda berikan tawaran menarik

Smart experience

Seres SF5 siap untuk membawa penumpangnya untuk menuju kehidupan yang lebih berkualitas dan ditunjang dengan berbagai teknologi canggih melalui Smart Experience yang tidak akan terlupakan.

Mobil ini memiliki Smart Engine Start/Stop system terbaru. Seres SF5 akan secara otomatis hidup dan mati tanpa perlu pengemudi menekan tombol.

Pengemudi cukup duduk di kursi dan mengencangkan sabuk pengaman untuk menghidupkan kendaraan secara otomatis, dan pengemudi cukup keluar dari kendaraan untuk mematikan kendaraan.

Selama perjalanan, pengemudi juga akan didukung layar 12,3 inci LCD Smart Instrument Panel full digital. Layar ini sudah terkoneksi dengan kontrol pusat yang menampilkan informasi kendaraan, musik, dan informasi kemudi secara otonom.

Selain itu, pengemudi juga akan disediakan sejumlah tampilan layar yang bisa diubah sesuai dengan selera.

Keamanan serta fokus mengemudi kemudian ditingkatkan dengan keberadaan High Definition Head Up Digital (HUD) Display. Melalui proyeksi informasi yang ditampilkan, pengemudi tidak perlu repot untuk menundukkan kepala selama mengemudi, sehingga bisa tetap fokus ke depan mengamati laju kendaraan.

Untuk penumpang seluruhnya, perjalanan akan terasa menyenangkan berkat dukungan head unit berukuran 17 inci Smart Centre Console Panel dengan desain vertikal.

Head unit layar sentuh ini didukung dengan tampilan resolusi tinggi, sudah memiliki kemampuan perintah suara, wireless charging, HICar, pengaturan secara digital, dan pemutaran video/audio.

Teknologi terbaru yang ada di kendaraan ini adalah HICar yang merupakan singkatan dari Huawei berupa Huawei Intelligence Car. HICar berupa cara pemetaan ponsel dan fungsinya mirip dengan CarPlay.

HICar dihadirkan untuk meningkatkan Safety hingga konektivitas tidak akan terganggu dengan perangkat lain, Smart Connection yang membuat penumpang cukup satu kali menghubungkan ponsel pintarnya dan untuk seterusnya, Resource Sharing di mana kemungkinan kendaraan dan ponsel saling berbagi hardware hingga Seamless Experience.

Terakhir, konektivitas antara pemilik dan Seres SF5 akan semakin lengkap berkat pengendalian kendaraan melalui ponsel pintar. Pemilik mobil dapat mengaktifkan sejumlah fitur hingga mendiagnosis kondisi kendaraan cukup dengan sentuhan di aplikasi yang sudah tersedia.
 
DFSK Seres SF5 yang ditampilkan pertama kali dalam gelaran GIIAS 2021 di Grand City Convex, Surabaya, Rabu (8/12/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Pilot safe driving intelligent assistant system

Sebagai sebuah kendaraan cerdas dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup, DFSK berkomitmen untuk menekan angka kecelakaan dan kematian di jalan raya. Oleh sebab itu, Seres SF5 mendapatkan dukungan asisten berkendara melalui Seres pilot safe driving intelligent assistant system.

Fitur ini merupakan generasi terbaru dari driving intelligent assistance system yang didasari kebiasaan penggunaan dan kondisi penggunaan dengan kenyamanan dan keamanan mengemudi sebagai intinya.

Kerja Seres pilot safe driving intelligent assistant system didukung oleh 16 titik sensora yang memungkinkan kendaraan membaca kondisi jalanan dan berkendara dengan akurat.

Seres pilot safe driving intelligent assistant system terdiri atas lane change assistant, lane change warning, side door opening warning, lane departure warning, high-speed pilot assistance, full-speed adaptive cruise, automatic emergency braking, traffic jam assist, rear cross traffic alert, lane keep assist, speed limit assist, dan 360 panoramic view.

Keunggulan dan desain yang modern dari Seres SF5 saat ini bisa disaksikan secara langsung di GIIAS Surabaya 2021 yang berlangsung hingga 12 Desember 2021 di Grand City Convex, Surabaya.

Baca juga: DSFK antisipasi era mobil listrik lewat Glory E3

Baca juga: Yakin dengan pasar Surabaya, MG ikut partisipasi di GIIAS Surabaya

Baca juga: OLX Autos kembali ikut berpartisipasi di ajang GIIAS Surabaya
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021