Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil Ford Motor Indonesia (FMI) menembus 3,317 unit pada kuartal pertama pada 2011 sedangkan  kuartal tahun lalu hanya 1.103 unit, hal itu membuat angka penjualan Ford pada kuartal pertama meningkat 184 persen.

Will Angove, Presiden Director FMI mengatakan kunci kesuksesan penjualan Ford tahun ini didorong oleh tingginya penjualan All-New Ford Fiesta dan Ford Ranger di Indonesia. Mobil mungil itu (All-New Ford Fiesta) terus menerus memenangkan hati para konsumen Ford di Indonesia.

"Ini adalah hasil yang menakjubkan pada kuartal pertama," kata Angove ketika menghadiri jumpa media tentang pencapaian kinerja penjualan FMI pada kuartal pertama di Kafe Decanter, Jakarta pada Rabu (27/4).

Rincian angka penjualan itu terdiri dari  Ford Fiesta, yang diluncurkan November tahun lalu, terjual 1,370 unit , penjualan Ford Ranger meningkat 70 % dengan 1,254 unit, Ford Everest terjual 396 unit dibanding tahun lalu 299 unit, Ford Escape terjual 77 unit dibanding tahun lalu 42 unit, dan Ford Focus terjual 40 unit dibanding tahun lalu 23 unit.

"Ford Ranger 4x4 menduduki peringkat pertama penjualan di kelasnya," kata Angove.

Ford terus-menerus memperluas jaringan dealer resminya di Indonesia sepanjang kuartal pertama dengan menambahkan deler di dua lokasi Manokwari dan Bogor. Jaringan nasional dealer FMI sekarang mencakup 35 lokasi dan FMI berencana untuk menambah setidaknya enam lokasi lagi sampai dengan akhir 2011.

Sementara itu, FMI merencanakan pengenalan delapan kendaraan global One Ford terbaru dalam lima tahun ke depan di ASEAN termasuk Indonesia. Ke-delapan kendaraan itu akan diawali oleh All New Ford Ranger dan All New Ford Focus di Indonesia pada 2012.

"Kami (FMI) jelas mendukung pertumbuhan agresif di Indonesia,  Indonesia akan menjadi industri domestik terbesar di ASEAN," kata Angove.

Ford Ranger  laris manis di Indonesia dimana mobil itu paling diminati oleh perusahaan-perusahaan seperti perusahaan pertambangan untuk medan berat seperti Sorong dan Manokwari. "Jadi kita harus mengenal betul kemauan dan kebutuhan konsumen," kata Bagus.

Ketika ditanya ANTARA News mengenai kunci kesuksesan Ford Ranger di Indonesia, Bagus mengatakan ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan Ford Ranger di Indonesia antara lain harga jual, ketersediaan suku cadang dan harga suku cadang dan pemeliharaan (maintenance) yang kompetitif dibanding  merek lain.
(Adm/A038)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011