Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan uji emisi terhadap 1.000 kendaraan bermotor roda empat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, dalam rangka Gerakan Jabar Bebas Polusi 2013, Kamis.

Kegiatan yang dibuka Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan itu juga sekaligus untuk memecahkan Rekor MURI dengan jumlah kendaraan yang diuji emisi sebanyak 570 unit yang terdipta di DKI Jakarta pada 2010.

"Uji emisi ini dalam rangka Gerakan Jabar Bebas Polusi 2013, sekaligus membudayakan pengguna kendaraan untuk menjaga lingkungan melalui jaga emisi gas buang," kata Gubernur Ahmaf Heryawan saat membuka kegiatan tersebut.

Pelaksanaan pemeriksaan gas emisi dimotori BPLHD Jawa Barat dan didukung seluruh pabrikan kendaraan bermotor roda empat yang ada di provinsi ini.

Rencananya pemeriksaan gas emisi itu dilakukan dalam enam jam yang melibatkan 40 boot atau stan pelayanan tes gas emisi.

Kegiatan yang juga dikaitkan dengan Hari Bumi pada 23 April 2011 tersebut, memeriksa seluruh kendaraan dinas dan operasional Pemprov Jabar, kendaraan umum serta kendaraan pribadi yang melintas.

Akibat adanya kegiatan itu, jalur jalan Diponegoro Kota Bandung dari ujung Jalan Supratman mengalami kemacetan cukup signifikan, sehingga arus dialihkan ke jalan lain di sekitar Gedung Sate Bandung.

Pada kesempatan itu. Gubernur Jawa Barat juga melakukan uji emisi kendaraan dinasnya Toyota Crown tahun 2007 yang benomor polisi D-1001-PN di salah satu stan pengujian gas emisi itu.

Hasilnya kendaraan dinas berwana hitam itu lolos uji dengan kandungan CO 0,01 persen dari ambang batas 1,5 persen. Sedangkan Hc sebesar 54 dari ambang batas 600.

"Mobil dinas saya lulus uji emisi, kondisinya masih bagu. Gas emisi itu gimana perawatannya, dan saya kira mobil ini belum perlu diganti," kata Gubernur Heryawan.
(S033/M008)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011