Jakarta (ANTARA) - PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan kembali menggelar uji emisi gratis untuk para pemilik kendaraan roda empat yang berlokasi di Ocean Park, BSD, Tangerang Selatan.

Chief Operating Officer MPMRent, Devi Clark Munthen mengatakan bahwa pihaknya akan selalu berkomitmen untuk memberikan layanan yang lebih dari sekadar menyewakan kendaraan.

“Kami ingin memberikan manfaat nyata kepada masyarakat dan lingkungan tempat kami beroperasi dan kegiatan Uji Emisi Gratis yang kami lakukan dengan menggandeng Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan ini menjadi salah satu cara kami melakukannya, dengan melindungi kualitas udara dan lingkungan,” kata Devi Clark Munthen dalam keterangan resminya, Jumat.

Baca juga: Pengamat dukung denda tilang uji emisi untuk beri efek jera

Kegiatan yang sudah dijalankan selama tiga tahun ini, guna memberikan pengetahuan lebih kepada para pemilik kendaraan untuk senantiasa melakukan pemeriksaan emisi agar bisa mengurangi beban pencemaran udara dari sisa gas buang kendaraan bermotor, serta mengirit bahan bakar.

Selain itu, kegiatan ini juga turut membantu pemerintah dalam menjalankan peraturan yang sudah terutang dan salah satunya adalah Peraturan Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2020 yang mengatur tentang kewajiban uji emisi, yakni pada Pasal 2 ayat 1.

Dalam kegiatan ini, MPMRent memberikan syarat yang mudah untuk mengikuti uji emisi ini. Peserta cukup mengisi form pendaftaran peserta dan membawa surat tanda nomor kendaraan yang diterbitkan di area Jabodetabek dengan usia kendaraan di atas 3 tahun, berbahan bakar bensin maupun diesel.

Baca juga: Besaran denda tilang uji emisi sepeda motor diusulkan Rp100 ribu

Dalam uji emisi ini, MPMRent juga melakukan edukasi mengenai emisi dan pentingnya inspeksi dan perawatan berkala pada kendaraan pribadi.

Edukasi ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk disiplin melakukan perawatan berkala agar memberikan manfaat, bukan hanya mengurangi emisi gas buang, namun juga penghematan bahan bakar yang signifikan.

“Kami sadar akan tanggung jawab kami dalam menjaga lingkungan. Dengan melakukan program uji emisi gratis ini, kami berharap dapat memotivasi lebih banyak orang untuk mengambil tindakan positif dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan,” tutur Devi Clark Munthe.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada prinsip keberlanjutan dalam menjalankan usahanya, MPMRent mengajak pemilik kendaraan untuk lebih peduli terhadap emisi kendaraan mereka.

Baca juga: Tak sekadar kopdar, komunitas Avanza Xenia juga gelar uji emisi

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023