Jakarta (ANTARA) - Perusahaan ban asal Prancis, Michelin menggelar ajang balap virtual Michelin GT Sport Indonesia Series 2021.

Pendaftaran kompetisi pacu gas secara virtual ini sudah dibuka sejak 9 hingga 29 Agustus 2021. Babak kualifikasi hingga grand final akan berlangsung pada September mendatang di mana para pembalap virtual berkesempatan memenangkan serangkaian hadiah dengan total Rp50 juta.

Presiden Direktur Michelin Indonesia, Steven Vette mengungkapkan bahwa gelaran ini adalah yang pertama bagi Michelin Indonesia. Michelin secara aktif mendukung pengembangan industri e-sport dan e-gaming secara global.

"Penyelenggaraan kompetisi balap virtual Michelin Gran Turismo adalah wujud dukungan untuk pengembangan e-sport khususnya di Indonesia. Michelin menyadari situasi pandemi membatasi mobilitas orang di luar, karena itu kami mendorong para pembalap virtual dan penggemar e-sport dan e-gaming untuk mengikuti kompetisi ini secara aman dari rumah saja," ungkap Steven Vettedalam keterangan resminya dikutip Minggu.

Dalam hal ini, Gran Turismo (populer dengan sebutan GT) merupakan permainan video balap yang dikembangkan oleh Polyphony Digital dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment.

Permainan ini menjadi salah satu favorit pehobi olahraga otomotif dan simulasi balap baik di level global dan nasional. Di Indonesia, GT memiliki komunitas yang cukup besar dan telah berdiri sejak tahun 2007.

Melalui turnamen Michelin GT Sport Indonesia Series 2021 ini, komunitas, para pemain professional, maupun pemula dan penggemarnya dapat bernostalgia, saling terhubung, dan adu cepat skill balap virtualnya, bahkan dapat memenangkan berbagai hadiah dari Michelin dan Gran Turismo.

Gran Turismo secara resmi mengumumkan kemitraanya dengan Michelin pada 23 Agustus 2019 lalu. Dengan kemitraan ini, Michelin menjadi pemasok ban resmi untuk kejuaraan Gran Turismo serta menjadi teknisi mitra untuk gelaran Gran Turismo Sport.

"Tidak hanya dengan konsumen ban ataupun automotive enthusiast, Michelin kini juga ingin lebih dekat dengan kawula muda dan penggemar motorsport termasuk virtual motorsport," kata Head of Marketing Consumer Products Michelin Indonesia, Roslina Komalasari.

"Melalui ajang ini, Michelin berbagi pengalaman dan keseruan balap bersama secara virtual. Dalam rangkaian Michelin GT Sport Indonesia, tidak hanya balapan, para peserta juga bisa mengikuti Livery Competition yang bisa menjadi ajang adu kreatifitas dalam modifikasi mobil virtual pilihannya," tambahnya.

Kompetisi Michelin GT Sport Indonesia Series 2021 terbuka untuk umum dan akan berlangsung dalam tiga fase selama enam minggu. Fase pendaftaran dibuka hingga 29 Agustus 2021.

Para peserta yang memenuhi persyaratan kemudian akan mengikuti babak kualifikasi untuk mencari 12 posisi teratas dengan waktu tercepat di ronde pertama dan kedua babak penyisihan.

Ke-12 peserta tercepat ini akan bertarung kembali dan dipilih masing-masing 6 pembalap tercepat dari tiap ronde untuk melanjutkan turnamen ke babak grand final.

Baca juga: Perbedaan ban motor balap dengan motor harian

Baca juga: Michelin siap tingkatkan produksi 22% di Asia, termasuk Indonesia

Baca juga: Pertama kali, Michelin beri bintang pada restoran vegan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021